Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Dibayangi Kelesuan Ekspor Komoditas, Hino Optimistis Kinerja Truk 2023 Tetap Cerah

Hino Motors masih optimistis penjualan truk pada tahun ini tumbuh. Tantangan bagi pelaku industri adalah potensi kenaikan suku bunga dan perubahan regulasi.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 18 Januari 2023  |  17:42 WIB
Dibayangi Kelesuan Ekspor Komoditas, Hino Optimistis Kinerja Truk 2023 Tetap Cerah
Hino New Generation Ranger FL 235 JW 6x2. - Hino Motors
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) cukup percaya diri dalam menjalani penjualan truk ditengah adanya ketidak pastian pasar komoditas pada 2023.

Chief Operating Officer (COO) PT Hino Motors Sales Indonesia Santiko Wardoyo menyampaikan penjualan kendaraan komersial khususnya segmen truk akan bertumbuh pada 2023.

“Penjualan truk dengan ketidakpasatian pasar komoditas dalam artian pertambangan seperti itu masih oke, ini kan dampak dari Rusia dan Ukraina. Sehingga harga batu bara meningkat, [tapi] nikel kan bagus untuk tahun ini,” ungkapnya dalam acara Hino di Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Dia menambahkan, peluang segmen truk di Tanah Air ini sangat besar. Sebab, Indonesia merupakan negara besar dan saat ini sedang berada pada tren pertumbuhan ekonomi yang baik, ditambah infrastruktur di setiap daerah mulai membaik.

“Menurut saya, satu ya peluang Indonesia sangat besar, sekali lagi Indonesia negara besar dan ekonominya tumbuh pasti butuh transportasi, perpindahan tempat ke tempat lain dengan kargo [lebih lancar] sekarang infrastrukturnya juga bagus, ambil contoh di sumatera juga sudah berkembang,” tambahnya.

Kendati demikian, Santiko mengungkapkan tantangan pada kinerja penjualan pada segmen truk, yaitu pada regulasi pemerintah atau kenaikan suku bunga.

“Tantangannya paling berada pada yang berkaitannya dengan pemerintah misalnya kenaikan bahan bakar, pengetatan, atau tingkat suku bunga masih kondusif atau tidak,” jelasnya.

Namun, menurutnya selagi pasar masih bisa menerima maka tantangan tersebut tidak akan menjadi masalah pada kinerja 2023. “Ya selama market masih bisa menerima, yang penting kan sektor bisnis bisa jalan juga,” tutup Santikno.

Adapun, dalam acara peluncuran enam model baru dan peringatan 40 tahun Hino di Indonesia. Pihak Hino telah mengungkapkan target penjualan pada tahun ini, dengan rincian light truk mencapai 17.100 unit, dan Medium Truk 21.400 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top