Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan Insentif, Uganda Bagi-Bagi Motor Listrik dengan Skema Ini

Presiden Uganda Yoweri Kaguta Museveni mengumumkan akan membagi sepeda motor listrik gratis melalui skema pertukaran barang.
Ilustrasi Konvoi kendaraan listrik yang dilakukan PLN untuk menyosialisasikan penggunaan kendaraan listrik./Istimewa
Ilustrasi Konvoi kendaraan listrik yang dilakukan PLN untuk menyosialisasikan penggunaan kendaraan listrik./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Uganda Yoweri Kaguta Museveni mengumumkan akan membagi sepeda motor listrik gratis melalui skema pertukaran barang.

Setelah pemerintah Uganda menandatangani perjanjian dengan investor untuk mendorong ekosistem kendaraan listrik. Negara tersebut akan membagikan motor listrik kepada pengguna sepeda motor dan Boda-Boda (ojek) melalui skema pertukaran motor ICE yang dimiliki warganya.

"Kami telah sepakat dengan beberapa investor untuk mengambil yang bensin dan memberikan yang listrik kepada pemilik. Pertukaran ini akan menghemat biaya operator sepeda motor 50 persen," kata Museveni dikutip nilepost.co.ug, Rabu (11/1/2022).

Presiden juga menambahkan, para investor akan diberikan lisensi dan diizinkan untuk mengoperasikan stasiun pengisian, sehingga membantu untuk mengembalikan investasi mereka.

Museveni menambahkan, kesepakatan dengan investor telah tercapai dan semua pengendara, termasuk 100.000 lebih pengendara Boda-Boda di kawasan itu ditujukan untuk mendorong pariwisata di Uganda.

Pertukaran ini juga diklaim dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan hingga 60 persen, kelebihan lainnya dari skema ini adalah bahwa pemilik baru sepeda tidak akan benar-benar memiliki mesin yang lengkap. Bagian paling mahal motor listrik yaitu Bateraiakan tetap menjadi milik Bodawerk International Limited dan Zembo, yang merupakan dua investor di balik skema tersebut.

Pemilik baru sepeda akan menyewa baterai untuk sepeda, artinya setelah masa pakainya selesai, mereka dapat mengembalikannya, di tempat yang dapat didaur ulang, dan menggantinya dengan baterai baru.

Sepeda motor ini juga merupakan model produksi dalam negeri yang dirancang untuk perkotaan terutama dengan pengisian daya dapat menempuh jarak 70 km yang dibanderol seharga USD 1.338 atau setara dengan Rp20,7 juta

"Karena dibuat di sini, kami menjaga langkah-langkah keamanan dan keadaan setempat. Misalnya, jika dicuri, itu akan melapor kepada kami, dan kami akan dapat mematikannya. Jika Anda mencoba melepas suku cadang, itu akan melapor. Ini akan meningkatkan keamanan sepeda motor,” ungkap Menteri Sains dan Teknologi Monica Mussero.

Adapun, pemerintah Uganda juga berencana untuk mengubah seluruh sistem transportasi dari bensin menjadi listrik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper