Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toyota Mau Jual Massal Mobil Hidrogen Usai Uji Coba

Toyota Motor Corp (TMC) berencana untuk menjual kendaraan berbahan bakar hidrogen setelah melakukan beberapa pengujian ketahanan pada 2023.
Tampilan FCEV Toyota Mirai - Toyota
Tampilan FCEV Toyota Mirai - Toyota

Bisnis.com, JAKARTA – Sementara banyak pembuat mobil besar berfokus pada kendaraan listrik untuk mencapai target netral karbon. Sebaliknya, raksasa produsen mobil di Jepang, Toyota Motor Corp (TMC) berencana untuk menjual kendaraan berbahan bakar hidrogen setelah melakukan beberapa pengujian.

Seperti yang selalu ditegaskan bos TMC, Akio Toyoda menegaskan solusi terbaik untuk industri otomotif masa depan adalah mengembangkan sejumlah teknologi powertrain yang berbeda, termasuk hibrida, hibrida plug-in, mobil bertenaga hidrogen.

Oleh karenanya, kali ini Toyota akan menjual kendaraan berbahan bakar hidrogen setelah melakukan beberapa pengujian.

Salah satunya, uji tes dengan menyematkan tenaga hidrogen pada lomba ketahanan mobil tahun ini merupakan salah satu upaya Toyota untuk membuat kendaraan hidrogen layak secara komersial.

"Kami telah mengambil langkah kecil dari pengujian teknologi menuju produk yang dapat diproduksi secara massal," kata Chief Branding Officer Toyota Koji Sato, dikutip Senin (9/1/2023)

Dengan menjadikan mobil hidrogen cair untuk balapan ketahanan, Toyota bermaksud untuk meningkatkan fungsionalitas teknologi yang baru lahir dan mengatasi beberapa tantangannya, termasuk bagaimana mempertahankan cairan hidrogen pada suhu minus 253° C.

Pada September 2022, perusahaan membentuk tim yang terdiri dari sekitar 30 spesialis untuk mengembangkan kendaraan layak secara komersial yang ditenagai oleh mesin hidrogen. Di antara masalah yang harus ditangani adalah memastikan kendaraan dapat beroperasi pada suhu di bawah titik beku.

Sejalan dengan Multipathway, Toyota bahkan tidak membatasi upaya pengembangannya hanya untuk bahan bakar hidrogen cair. Pasalnya, perusahaan di ‘Negeri Sakura’ itu malah memilih untuk mencari sejumlah kegunaan yang berbeda, termasuk kemungkinan menggunakan tangki besar untuk gas hidrogen di kendaraan komersial dan hidrogen cair untuk mobil penumpang.

Sebagai informasi, Toyota sebelumnya telah menggunakan balapan ketahanan pada 2021 di Fuji International Speedway di Prefektur Shizuoka.

Dalam balapan ketahanan itu, Toyota Corolla yang diadaptasi secara khusus berbahan bakar gas hidrogen dikemudikan oleh sejumlah pengemudi, termasuk Presiden Toyota Akio Toyoda, dan melaju selama sekitar 11 jam 54 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper