Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaleidoskop 2022: 9 Mobil Listrik yang Meluncur di Indonesia Sepanjang 2022

Berikut 9 mobil listrik yang diluncurkan di Indonesia sepanjang 2022, mulai dari Hyundai, Wuling, Toyota, Mercedes-Benz, KIA, hingga BMW.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjajal mobil listrik KIA EV6 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Kamis (11/8/2022) - BISNIS/Khadijah Shahnaz.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjajal mobil listrik KIA EV6 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Kamis (11/8/2022) - BISNIS/Khadijah Shahnaz.

Deretan Mobil Listrik dari Toyota, KIA, hingga Mercedes-Benz

6. Toyota bZ4X (November 2022)

Mobil listrik murni Toyota yang diluncurkan di Indonesia pada November 2022 lalu yang dibanderol seharga Rp1,190 miliar.

Spesifikasi Toyota bz4X dibangun dengan platform e-TNGA atau Toyota New Global Architecture yang telah ditingkatkan, agar mobil sanggup mengakomodasi komponen baterai dan motor listrik lengkap dengan perangkat keamanannya.

Mobil listrik ini mengadopsi baterai Lithium-ion mempunyai kapasitas 71,4 kWh. Berbekal kapasitas baterai tersebut, Toyota bZ4X diklaim memiliki jarak tempuh hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

Ditinjau dari segi dapur pacu, Toyota bZ4X diklaim dapat menghasilkan tenaga hingga 204 HP dan torsi 266 Nm untuk menciptakan akselerasi 0-100 km/jam dalam 8,3 detik dan akselerasi pertengahan 48-90 km/jam dalam 2,9 detik.

Terdapat dua mode berkendara pada Toyota bZ4X, yaitu ECO untuk menghemat daya listrik dan SNOW untuk berkendara di medan off-road ringan.

Selain itu, Toyota bZ4X juga dilengkapi dengan teknologi canggih Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 untuk meningkatkan kewaspadaan pengemudi dan meminimalisir potensi kecelakaan di jalan.

Masuk ke dalam, tema interior bZ4X adalah kenyamanan dan kelapangan yang memberikan suasana kabin ala living room. Dipadukan dengan layar sentuh 12,3 inch terbesar di mobil Toyota dengan menu navigasi disertai fitur konektivitas lengkap ke smartphone. Pertama pada mobil listrik di Indonesia, terdapat pula fitur canggih Advanced Park yang dirancang untuk membantu pengemudi ketika parkir paralel atau parkir mundur tanpa perlu menggerakkan kemudi sedikitpun.

Kaleidoskop 2022: 9 Mobil Listrik yang Meluncur di Indonesia Sepanjang 2022

Toyota bZ4X/Toyota

7. KIA EV6 (Desember 2022)

PT Kreta Indo Artha (KIA) resmi menjual mobil listrik murni unggulannya di Indonesia, yakni Kia EV6 GT-Line seharga Rp1,299 miliar dengan target pengiriman kepada konsumen pada 2023.

Kia EV6 GT-Line dibangun di atas platform New Electric Global Modular Platform (E-GMP) terbaru dari Hyundai Motor Group. Dapur pacu mobil listrik ini dilengkapi dengan Dual Motor berpenggerak All Wheel Drive yang mampu menyalurkan tenaga hingga 320 Hp dan torsi 605 Nm.

Mobil BEV ini dibekali dengan baterai berkapasitas 77,4 kWh yang diklaim mampu menempuh jarak sejauh 506 kilometer.

Adapun, untuk pengisian daya baterai dibutuhkan waktu tujuh jam dengan menggunakan pengisian daya Wall Charger berarus AC dengan daya 11 kW. Sementara itu, jika menggunakan pengisian daya fast charging berarus DC dengan daya 50 kW, hanya membutuhkan waktu pengisian 73 menit dari 10 hingga 80 persen.

Lebih jauh, Kia EV6 GT-Line juga dapat menggunakan pengisian DC ultra-fast charging berdaya 200 kW ke atas untuk mengisi hingga 80 persen dalam waktu 18 menit.

8. Mercedes-Benz EQE (Desember 2022)

Menjelang akhir tahun, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia resmi meluncurkan mobil listriknya di Indonesia pada Desember 2022.

The new EQE 350+ Electric Art adalah wujud progresif dari kendaraan executive saloon yang menggunakan baterai terletak di bagian bawah kendaraan yang memiliki daya untuk jarak tempuh 660 km dengan satu kali pengisian baterai. Konsumsi daya listrik dari the new EQE WLTP adalah 18,7-15,9 kWh/100 km. The new EQE adalah kendaraan business saloon dengan desain sporty.

Adapun, fitur-fitur keamananan mobil listrik ini mulai dari pre-safe system, distronic active distance assist, active lane keeping assist, adaptive high beam assist plus, dan tire pressure monitoring system.

Mobil listrik Mercedes-Benz EQE dibanderol seharga Rp2,215 miliar.

9. Mercedes-Benz EQS (Desember 2022)

Mobil listrik terakhir yang meluncur di Indonesia pada 2022 adalah Mercedes-Benz EQS dengan lokasi dan waktu peluncuran yang sama dengan model EQE.

Mercedes-Benz EQS tampil dengan desain eksterior, garis yang lebih minim, dan transisi halus pada body yang terlihat aerodinamis. The new EQS dilengkapi dengan baterai yang memiliki daya sebesar 107,8 kWh dan mampu menghasilkan jarak tempuh yang luar biasa.

Dengan satu kali pengisian baterai hingga penuh, kendaraan ini dapat menempuh jarak 770 km, jarak terjauh di antara kendaraan listrik manapun di dunia, dengan konsumsi daya listrik WLTP 20,4-15,7 kWh/100 km.

Adapun, pengisian baterai penuh selama 10 jam menggunakan Wallbox 11 kW dan pengisian dari 10 persen ke 80 persen selama 45 menit menggunakan DC fast charging system.

Selain itu, terdapat fitur keamananan mulai dari pre-safe system, distronic active distance assist, parktronic active parking assist, serta airbag di jendela dan tempat duduk belakang

Khusus untuk model EQS, terdapat dua varian, yakni Mercedes-Benz EQS 450+ Electric Art Line yang dibanderol Rp2,984 miliar dan Mercedes-Benz EQS 450+ AMG Line yang dijual seharga Rp3,410 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper