Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AHM Pasang Panel Surya di Pabrik Perakitan, Segini Daya Listriknya

Dengan penambahan tersebut, total panel surya yang terpasang di beberapa fasilitas pabrik perakitan AHM telah mencapai 8.760 kWp.
Pabrik Astra Honda Motor (AHM) yang menggunakan panel surya sebagai pembangkit listrik/AHM
Pabrik Astra Honda Motor (AHM) yang menggunakan panel surya sebagai pembangkit listrik/AHM

Bisnis.com, JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) meresmikan penggunaan panel surya teranyar sebagai salah satu sumber energi baru terbarukan (EBT) pada Rabu, (26/10/2022) untuk mendukung kegiatan operasional pabrik AHM di Karawang, Jawa Barat.

Dengan penambahan tersebut, total panel surya yang terpasang di beberapa fasilitas pabrik perakitan AHM telah mencapai 8.760 kWp. Pemasangan panel surya ini merupakan bagian dari upaya AHM dalam mengimplementasikan prinsip Environment, Social, and Governance (ESG) pada berbagai aktivitas perusahaan.

Adapun sejak 2014, sebanyak 18.270 modul panel surya telah terpasang di atap gedung pabrik AHM Karawang, pabrik AHM Cikarang, dan AHM Safety Riding and Training Center Deltamas, Jawa Barat. Keseluruhan panel surya yang terpasang tersebut memiliki kapasitas sistem sebesar 8.760 kWp dan mampu menghasilkan listrik sebesar 9.477.077 kWh per tahun.

Kapasitas daya listrik solar panel milik pabrik perakitan AHM tersebut diklaim setara dengan pengurangan 8.246 ton emisi CO2 per tahun. Hal itu guna mewujudkan pemanfaatan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.

GM General Affairs AHM, Merry Heryana mengatakan seluruh daya yang dihasilkan itu disalurkan dan digunakan untuk kegiatan utama proses produksi serta kegiatan penunjang produksi. Pemanfaatan solar panel sebagai salah satu sumber EBT perusahaan di masa mendatang.

"Kami terus berupaya dan berinovasi dalam melakukan pemanfaatan energi terbarukan untuk mengimplementasikan ESG dan merealisasikan program Sustainability Development Goals [SDGs]," ujar Merry dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Rabu, (26/10/2022).

Sebagai informasi, sistem operasi solar panel di AHM menggunakan jenis On Grid dengan sistem photovoltaic yang mampu mentransformasi sinar matahari menjadi energi listrik. Selanjutnya, energi listrik yang dihasilkan akan disalurkan secara paralel dan disinkronisasi ke berbagai aktivitas perusahaan yang membutuhkan energi listrik.

Dengan mengimplementasikan Solar Photovoltaic yang didukung teknologi modern, AHM turut berkontribusi dalam mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan ancaman perubahan iklim yang selaras dengan implementasi budaya Green Energy yang diterapkan perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper