Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Honda dan LG Bangun Pabrik Baterai EV di Ohio, Gelontorkan US$3,5 Miliar

Honda dan LG bekerja sama membangun pabrik baterai kendaraan listrik di AS dengan nilai investasi US$3,5 miliar.
LG Chem, suplier baterai EV untuk kendaraan listrik/Korea Bizwire
LG Chem, suplier baterai EV untuk kendaraan listrik/Korea Bizwire

Bisnis.com, JAKARTA - Honda Motor Co. mengumumkan kerja sama dengan LG Energy Solution untuk membangun pabrik baterai kendaraaan listrik (EV) di Fayette County, Ohio, Amerika Serikat dengan nilai investasi mencapai US$3,5 miliar.

Honda mengatakan, pabrik baterai EV tersebut akan memiliki kapasitas produksi per tahun mencapai 40 GWh dan ditaksir akan menyerap tenaga kerja sebanyak 2.200 pekerja di Kota Fayette County dan sekitarnya.

"Sekarang, saatnya kami memperluas kemitraan Honda dengan Ohio, kami berinvestasi dalam tenaga kerja yang akan menciptakan sumber daya untuk masa depan Honda dan Acura, yakni kendaraan listrik," kata Executive Vice President of American Honda Motor Co, Bob Nelson, melalui keterangan resmi dikutip Kamis, (13/10/2022).

Rencananya, pabrik di Ohio itu akan mulai dibangun pada awal 2023 dengan target produksi massal jenis baterai pouch type sel Li-ion hingga akhir  2025. Jenis baterai tersebut akan disuplai untuk pabrik perakitan EV Honda di kawasan Amerika Utara.

"Kami ingin berterima kasih kepada para pemimpin negara bagian Ohio, serta di Fayette County, Jefferson Township, Jeffersonville, dan Gedung Pengadilan Washington karena menyambut usaha patungan baru antara Honda dan LG Energy Solution," kata Bob Nelson.

Di lain sisi, Gubernur Ohio Mike DeWine menyambut baik keputusan Honda dan LG untuk membangun pabrik baterai EV di wilayahnya. Menurutnya, Ohio memiliki iklim ekonomi yang ideal sehingga cocok untuk dijadikan tempat berinvestasi.

"Honda dan LG Energy Solution sekarang bergabung dengan daftar panjang perusahaan yang telah mencari tempat terbaik untuk berbisnis di seluruh negeri dan telah memilih Ohio karena kami memiliki iklim ekonomi yang ideal serta tenaga kerja yang inovatif dan berbakat," ujar Mike DeWine melalui situs resmi Negara Bagian Ohio.

Sebagai informasi, Honda membangun pabrik pertamanya di Ohio sejak 45 tahun silam, tepatnya pada 11 Oktober 1977. Saat ini, Honda akan menggelontorkan $700 juta tambahan untuk pengembangan pabriknya yang berlokasi di tiga titik, yakni Pabrik Mobil Marysville (MAP), Pabrik Mobil East Liberty (ELP) dan Pabrik Mesin Anna (AEP).

Honda berencana untuk memulai produksi dan penjualan Honda EV di pasar Amerika Utara pada tahun 2026. Hal itu sebagai bagian dari visi Honda untuk mencapai netralitas karbon untuk semua lini produk dan aktivitas perusahaannya pada 2050 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper