Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Siapkan 6 Jurus Genjot Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

PLN akan terus mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dengan 6 jurus utama.
Menteri BUMN Erick Thohir di Bali meninjau SPKLU PLN untuk pengisian energi mobil listrik./Istimewa
Menteri BUMN Erick Thohir di Bali meninjau SPKLU PLN untuk pengisian energi mobil listrik./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT PLN (Persero) telah menyiapkan 6 jurus utama untuk mendukung percepatan elektrifikasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan salah satu upaya PLN untuk mendukung kendaraan listrik (electric vehicle/EV) adalah dengan memberikan kemudahan kepada publik dalam proses pengisian baterai EV di rumah maupun di luar rumah.

"PLN sudah membuat langkah-langkah untuk mendorong ekosistem EV di Indonesia," katanya dalam siaran pers, Sabtu (8/10/2022).

Pertama, PLN telah membangun dan mengoperasikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sebanyak 150 unit, dengan rincian SPKLU Fast Charging sebanyak 51 unit, SPKLU Medium Charging 78 unit, SPKLU Slow Charging 21 unit dan akan terus bertambah pada akhir tahun menjadi 260 unit atau tambahan 110 unit dari jumlah sebelumnya.

Kedua, PLN memberikan kemudahan bagi pemilik EV dengan produk layanan home charging services. Layanan ini sudah berbasis Internet of Things (IoT) dengan diskon tarif 30 persen pada pukul 22.00 sampai dengan pukul 05.00, PLN menyebutkan bahwa layanan tersebut telah terintegrasi dengan 461 pelanggan dan akan terus ditingkatkan hingga minimal 1.500 pelanggan.

Ketiga, layanan home charging services ini bekerja sama dengan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) pabrikan mobil listrik berupa pemasangan home charging disertai insentif tambah daya atau pasang baru.

Keempat, PLN juga menyediakan paket model waralaba atau franchise untuk SPKLU dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) melalui produk IO2, franchise ini telah berhasil mengoperasikan SPKLU sebanyak 5 unit dan uji coba komersial SPBKLU sebanyak 20 unit bersama Grab di area Jakarta.

Kelima, PLN telah memiliki fitur pendukung ekosistem EV dengan teknologi Electric Vehicle Digital Services (EVDS). EVDS memudahkan pelayanan kendaraan listrik dan meningkatkan customer experience, seperti tambah daya, pasang baru, test drive, membeli kendaraan listrik dan memudahkan masyarakat mengisi daya atau menukar baterai kendaraan listrik yang terintegrasi dengan PLN Mobile.

Keenam, PLN juga bekerja sama dengan Bank BUMN atau Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk produk layanan perbankan, seperti dalam melakukan cicilan EV maupun franchise SPKLU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper