Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semester I/2022, Penjualan Mobil Listrik di Thailand Tembus 40.000 Unit

Penjualan mobil listrik HEV terbaru sepanjang Semester I/2022 mencapai 32.527 unit, BEV terjual sebanyak 3.042 unit, dan PHEV sebanyak 5.947 unit.
Perakitan baterai untuk mobil listrik/ Bloomberg
Perakitan baterai untuk mobil listrik/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Penjualan mobil listrik di Thailand yang meliputi teknologi BEV, HEV, dan PHEV mencapai 41.516 unit. Jumlah itu didominasi oleh segmen Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Volume penjualan segmen HEV di Thailand yang jauh lebih tinggi dari segmen Battery Electric Vehicle (BEV) maupun Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Berdasarkan data Electric Vehicle Association of Thailand (EVAT), penjualan mobil listrik HEV terbaru sepanjang Semester I/2022 mencapai 32.527 unit. Sedangkan, mobil listrik segmen BEV terjual sebanyak 3.042 unit dan PHEV sebanyak 5.947 unit.

Secara kumulatif, penjualan mobil listrik segmen HEV di Thailand mencapai 220.113 unit hingga semester I/2022, naik 16,4 persen secara year on year (yoy) dibandingkan periode sama di tahun sebelumnya sebanyak 196.582 unit.

Saat bersamaan, jumlah kumulatif BEV sebanyak 7.173 unit, sementara untuk PHEV terjual lebih banyak yakni 37.075 unit. Jumlah volume penjualan BEV dan PHEV tersebut jauh tertinggal dibanding segmen HEV.

Sebagai informasi, Thailand memiliki infrastruktur yang memadai untuk menunjang masyarakat yang memiliki kendaraan listrik. Hal itu terlihat dari jumlah stasiun pengisian daya kendaraan listrik di Thailand yang mencapai 855 titik.

Sementara itu di Indonesia, dominasi segmen HEV juga terjadi. Hanya saja, populasi dan volume penjualan mobil listrik domestik belum bisa menyamai kinerja Thailand. 

Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hingga Agustus 2022, mobil listrik BEV berhasil terjual sebanyak 1.635 unit. Realisasi penjualan tersebut meningkat 200 persen secara year on year (yoy) dibanding periode sama tahun lalu sebanyak 545 unit.

Adapun pada periode Januari-Agustus tahun ini, segmen HEV di Indonesia terjual sebanyak 1.640 unit. Kinerja penjualan tersebut meningkat 0,80 persen dibandingkan 1.627 unit realisasi pada periode yang sama tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rizqi Rajendra
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper