Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Jajaran Mobil Listrik yang Meluncur pada Semester I/2022, Banjir Produk China

Pada awal tahun ini saja, tercatat sudah terdapat tiga produsen besar seperti Hyundai, MINI, dan Lexus yang merilis mobil listriknya di Tanah Air. Baru -baru ini, Wuling Motors (Wuling) dan PT Kurnia EVCBU International juga mulai memperkenalkan kendaraan listrik (EV) terbarunya milik mereka.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 24 Juni 2022  |  14:14 WIB
Ini Jajaran Mobil Listrik yang Meluncur pada Semester I/2022, Banjir Produk China
Wuling Hong Guan Mini EV. - Wuling
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memasuki pengujung semester I/2022, pasar mobil listrik di Indonesia kedatangan banyak pemain baru, terutama yang berasal dari China. Hal tersebut membuktikan bahwa pasar otomotif dalam negeri masih sangat menarik bagi negara-negara produsen mobil, khususnya elektrik.

Pada awal tahun ini saja, tercatat sudah terdapat tiga produsen besar seperti Hyundai, MINI, dan Lexus yang merilis mobil listriknya di Tanah Air. Baru -baru ini, Wuling Motors (Wuling) dan PT Kurnia EVCBU International juga mulai memperkenalkan kendaraan listrik (EV) terbarunya milik mereka.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar harga dan spesifikasi mobil listrik di Indonesia yang meluncur pada semester I/2022:

1. Wuling Mini EV 2022

Model yang juga dikenal dengan Wuling Hongguang Mini EV 2022 akhirnya resmi diluncurkan pada awal Juni 2022. Berdasarkan informasi yang diutarakan beberapa sumber seperti Gaikindo, harga Wuling Mini EV sekitar Rp300 juta.

Meski belum diumumkan nama dan harganya, mobil ramah lingkungan yang segera dipasarkan di Indonesia itu mengaplikasikan desain future-tech yang memadukan sentuhan masa depan dan teknologi.

Secara keseluruhan, mobil listrik Wuling mengusung versatile compact design. Ini menjadikannya mudah digunakan dan dikendarai. Wuling mengklaim produk tersebut akan menjalani perakitan lokal.

2. Suzuki All New Ertiga Hybrid

All New Ertiga Hybrid teranyar yang diluncurkan beberapa waktu lalu menawarkan ukuran panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.690 mm dengan jarak sumbu roda sejauh 2.740 mm. Ertiga terbaru menawarkan radius putar sejauh 5,2 meter dengan ground clereance di angka 180 mm.

All New Ertiga Hybrid menggunakan mesin K15B yang digabungkan dengan integrated starter generator (ISG) dan lithium ion battery. Di atas kertas, mesin 4 silinder 16 katup 1.462 cc mampu menghasilkan tenaga 104,7 ps pada putaran 6.000 rpm. Produksi torsinys sebesar 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Soal harga, Suzuki menawarkan All New Ertiga Hybrid mulai dari Rp270,3 juta untuk GX-MT, Rp281,3 juta untuk GX-AT dan juga SS-MT dan terakhir Rp292,3 juta untuk SS-AT sebagai varian teratas.

 

3. Hyundai Ioniq 5

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) belum lama ini meluncurkan produk terbarunya Ioniq 5 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

Hyundai Ioniq 5 Prime Standard Range dibanderol Rp718 juta, sedangkan untuk tipe Prime Long Range seharga Rp759 juta. Kemudian untuk tipe Signature yang terbagi dua yakni Signature Standar Range dibanderol Rp779 juta, sedangkan tipe Signature Long Range dibanderol Rp829 juta.

Hyundai memiliki dua tipe, yakni Prime Standard dan Signature Standar dengan kemampuan yang mampu melaju dari 0-100 km per jam (kpj) dalam kurung waktu 8,5 detik. Sedangkan tipe Prime Long Range dan Signature Long Range mampu membuat mobil berakselerasi dari 0-100 kpj hanya dalam kurun waktu 7,4 detik.

Ioniq 5 juga memiliki jarak tempuh yang cukup mengagumkan. Ioniq 5 tipe prime Standar dan Signature Standar dapat dikendarai sejauh 384 km bila baterai mobil terisi penuh. Sementara model Long Range mendapatkan baterai dengan kapasitas 72.6 kWh di mana tipe Prime bisa berjalan sejauh 481 km, sedangkan varian Signature lebih sedikit di angka 451 km karena ukuran pelek yang lebih besar.

4. MINI Electric

MINI Indonesia meluncurkan mobil listrik premium kompak pertama di Indonesia. Dengan nama MINI Electric, jenama ikonik yang kini di bawah BMW Group itu membanderol produk tersebut dengan harga mulai Rp945 juta. Mobil berbasis elektrik ini ditawarkan dalam dua varian, yaitu MINI Electric dan MINI Electric Collection.

MINI Electric menjadi pelopor dalam mobilitas perkotaan. Kehadirannya di Indonesia juga merupakan salah satu bagian penting dari mobilitas berkelanjutan. Mobil premium tersebut memadukan sensasi go-kart legendaris, desain khas, dan kualitas premium dengan pengalaman mengemudi bebas emisi.

Motor listrik 135 kW/184 hp yang disematkan pada bagian bawah memberikan pusat gravitasi ekstra rendah. Efeknya tidak hanya meningkatkan stabilitas dan pengendalian, tetapi juga membuat setiap tikungan lebih menyenangkan dari sebelumnya.

 

5. K-Upgrade

Persaingan mobil listrik mini pada paruh pertama tahun ini semakin semarak dengan kehadiran mobil listrik K-Upgrade yang dibanderol hanya Rp75 juta. Mobil itu diklaim mampu menempuh 300 km.

Mobil itupun digadang-gadang jadi lawan sepadan Wuling Mini EV yang memperkenalkan model serupa yang diprediksi bakal dibanderol antara Rp150 juta sampai Rp300 juta.

PT Kurnia EVCBU International memesan langsung mobil listrik K-Upgrade dari salah satu perusahaan otomotif di China. Desain dan spesifikasinya dibuat sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Itu sebabnya harga jual sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp75 juta dalam kondisi on the road.

6. DFSK FenGuang EV

Satu lagi dari pabrikan asal China, Dongfeng Sokon Automobile atau lebih dikenal dengan DFSK, perlahan ikut meramaikan jajaran mobil penumpang berteknologi listrik. Meskipun belum secara resmi memperkenalkan mobil listrik mini FenGuang, produk tersebut terungkap telah mengaspal di Indonesia.

Bukti itu ditunjukkan via tayangan Instagram Hafidz Zulkarnaen pada Kamis (23/6/2022). FenGuang EV tersebut telah mencantolkan pelat nomor “B”.

Dongfeng Fengguang MINI EV memiliki memiliki panjang 2.995 mm, lebar 1.495 mm, serta tinggi 1.640 mm, dengan jarak sumbu roda 1.960 mm.


 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top