Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kelangkaan Semikonduktor, Ini Jawaban Toyota (TMMIN)

PT Toyota Motor Manufacturing Indoensia atau TMMIN tidak secara gamblang menjawab dampak kelangkaan semikonduktor secara global, namun tentunya terdapat imbas terhadap produk segmen premium.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 21 Februari 2022  |  15:40 WIB
Deretan mobil Toyota siap dikapalkan di pelabuhan di Tanjung Priok Car Terminal.  - TMMIN
Deretan mobil Toyota siap dikapalkan di pelabuhan di Tanjung Priok Car Terminal. - TMMIN

Bisnis.com, JAKARTA- PT Toyota Manufacturing Motor Indonesia (TMMIN) mengatakan krisis semikonduktor yang terjadi secara global, berdampak pada produksi model kendaraan  premium, serta model produk yang mengalami peningkatan penjualan signifikan. 

Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal Toyota Manufacturing Motor Indonesia (TMMIN), Bob Azzam mengatakan krisis semikonduktor saat ini terjadi dikarenakan adanya pemulihan ekonomi di hilir secara serentak di beberapa negara.

"Dan juga didorong oleh insentif pemerintah, sedangkan dari sisi hulu [produksi semikonduktor] saat ini masih terhambat pembatasan dan mobilitas," ujar Bob Azzam kepada Bisnis pads Senin (21/2/2022)

Bob mengungkapkan krisis semikonduktor ini berdampak pada kendaraan baru dengan volume peminatan tinggi. "Semikonduktor ini juga berdampak terutama untuk model model premium," jelas Bob.

Di lain sisi, Bob  dengan mengatakan TMMIN  sampai saat ini tidak mengurangi aktivitas produksi kendaraan. Akan tetapi, katanya, TMMIN masih menghadapi kesulitan jika terjadi lonjakan permintaan yang drastis sekarang ini. 

" Belum [menyesuaikan produksi] tapi memang tidak mudah menaikkan volume," tutup Bob.

Adapun pada awal tahun Toyota masih memimpin penjualan wholesales maupun retail. Penjualan wholesales mencatatkan penjualan penjualan 22.886 unit atau setara 27,2 persen total penjualan dan penjualan retail membukukan 22.905 unit atau setara dengan 29,2 persen total penjualan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif toyota semikonduktor TMMIN
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top