Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Krisis Semikonduktor, Produksi Mobilio pada Januari Nihil

Honda Mobilio tidak diproduksi pada Januari 2022, dikarenakana adanya krisis semikonduktor.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 21 Februari 2022  |  12:17 WIB
Honda Mobilio.  - HPM
Honda Mobilio. - HPM

Bisnis.com, JAKARTA -  PT Honda Prospect Motor (HPM) memberikan alasan mengapa pada Januari 2022, tidak ada produksi Honda Mobilio.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan mobil wholesales dan produksi mobil untuk Januari 2022 tidak ada nama Honda Mobilio. 

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan hal ini dikarenakan ada kekurangan semikonduktor. Dan untuk mengantisipasi kekurangan semikonduktor Honda memprioritaskan produksi untuk mobil-mobil yang permintaannya tinggi dari konsumen.

"Seperti Honda Brio dan All New BR-V," ujar Yusak Billy kepada Bisni pada Senin (21/2/2022).

Pria yang akrab dipanggil Billy ini mengatakan Honda akan memulai produksi Honda Mobilio pada bulan depan. Alhasil, Honda tidak memproduksi Honda Mobilio selama dua bulan.

"Untuk Honda Mobilio, rencananya Kami akan memulai Produksinya di bulan depan," tegas Bily.

Adapun pada tahun lalu, kinerja menurun dari Honda terlihat sejak September, yang melorot  57,8 persen dikarenakan masalah semikonduktor. Namun pada Oktober 2021, produksi naik 94,9 persen menjadi 5.852 unit. Kondisi ini belum sepenuhnya normal, mengingat pada bulan-bulan sebelumnya produksi Honda di Tanah Air mencapai level 7.000–10.000 unit. 

Dan pada awal tahun ini, HPM mencatatkan penjualan ritel sebesar 7.727 unit sepanjang Januari 2022. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan ritel Honda pada Januari 2021 7.068 unit, atau tumbuh 9 persen year-on-year (yoy) pada tahun ini.

Penjualan utama Honda pun dikontribusikan oleh Honda Brio dengan penjualan  3.993 unit, diikuti dengan Honda Brio Satya sebesar 3.020 unit, dan Honda Brio RS sebesar 973.

Sementara itu, All New Honda BR-V yang baru memulai pengiriman kepada konsumen pada awal Januari mencatat menyumbangkan penjualan sebanyak 1.504 unit.

 Kontribusi penjualan untuk Honda lainnya datang dari Honda HR-V 1.5L sebanyak 895 unit, Honda HR-V 1.8L sebanyak 27 unit, Honda CR-V sebanyak 597 unit, Honda City Hatchback sebanyak 446 unit, Honda Mobilio sebanyak 180 unit, Honda Civic Sedan sebanyak 54 unit, Honda Odyssey sebanyak 21 unit, Honda City sebanyak 9 unit ,dan Honda Accord sebanyak 1 unit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

honda prospect motor Honda Mobilio semikonduktor
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top