Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil Mewah Masih Melemah pada Awal Tahun, BMW Memimpin

Peningkatan penjualan mobl pada Januari tahun ini, tidak diikuti dengan pertumbuhan pasar segmen premium.
Lexus UX 300e. /Lexus
Lexus UX 300e. /Lexus

Bisnis.com, JAKARTA - Penjualan roda empat pada periode Januari 2022 secara retail sales mencapai 78.568 unit, tumbuh 45,5 persen dibandingkan 53.997 unit pada periode sama tahun lalu.

Namun peningkatan ini tidak terlihat di segmen mobil premium atau mobil mahal. Merek mobil premium pada daftar Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) mengalami penurunan penjualan retail.

BMW menjadi satu satunya mobil mewah yang mengalami pertumbuhan 13 persen (YoY) dibandingkan tahun lalu. Selama Januari 2022, BMW menjual mobil sebanyak 190 unit, sedangkan pada periode sama tahun lalu sebesar 168 unit.

Produsen asal Jerman lainnya, Mercedes Benz tidak seberuntung BMW. Penjualan retail Mercedes-Benz pada Januari turun 34 persen yoy dibandingkan tahun lalu menjadi 126 unit, di mana pada Januari 2021 Mercedes- Benz menjual 192 unit.

Adapun penjualan yang paling menukik terjadi pada produsen mobil mewah asal Jepang, Lexus. Pada Januari 2021 Lexus mencatatkan penjualan mobil sebanyak 28 unit, yang mana pada Januari 2022 hanya dapat menjual 2 unit.

Meskipun MINI dibawah naungan BMW Group, MINI tidak memtik pertumbuhan serupa BMW. MINI mengalami penurunan 90 persen dengan  menjual 4 unit, sedangkan pada Januari 2021 MINI menjual 40 unit.

Mobil mewah asal Jerman, Audi pun hanya mampu melego satu unit pada Januari tahun ini, sama halnya dengan periode sama tahun lalu. 

Berikut ini daftar penjualan mobil mewah di Indonesia berdasarkan data Gaikindo penjualan retail periode Januari 2022:

1. BMW -190 unit
2.Mercedes- Benz -126 unit
3. Lexus- 2 unit
4. MINI - 4 unit
5.Audi - 1 unit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper