Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diskon PPnBM 2022, Harga Mobil Daihatsu Ayla dan Sigra Turun hingga Rp4 Juta

Harga Daihatsu Ayla per 22 Januari 2022 Rp105,8 juta–Rp163,55 juta dan Daihatsu Sigra Rp123,15 juta–Rp161,2 juta.
Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe (Glittering Silver Metallic). /ADM
Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe (Glittering Silver Metallic). /ADM

Bisnis.com, JAKARTA — Harga mobil LCGC Daihatsu Ayla dan Sigra turun Rp3 juta–Rp4 Juta. Hal ini menyusul diskon PPnBM 100 persen pada tahun ini khusus untuk mobil LCGC.

Sebagaimana diketahui sebelumnya LCGC menikmati fasilitas bebas PPnBM sejak 2013. Namun berdasarkan PP 74/2021, per 16 Oktober mobil entry level ini dikenakan tarif pajak barang mewah sebesar 3 persen. 

Pada tahun ini LCGC mendapatkan diskon PPnBM 100 persen sepanjang kuartal I/2022. Kemudian pada kuartal II/2022, diskon pajak diturunkan sehingga konsumen harus membayar 2 persen PPnBM dan 1 persen PPnBM pada kuartal III/2022. 

Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Tbk. – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso menilai diskon PPnBM 100 persen untuk mobil LCGC dapat ini bisa mendongkrak permintaan konsumen di pasar otomotif Indonesia. Terlebih, Ayla dan Sigra merupakan merek Daihatsu dengan penjualan terlaris.

“Kami berharap, relaksasi PPnBM DTP pada segmen LCGC dapat mendorong penjualan mobil ramah lingkungan dan menggairahkan pasar mobil di awal tahun 2022 ini,” ujar Hendrayadi dalam rilis yang diterima Tempo.

Adapun Ppemerintah tidak hanya memberikan insentif pajak pada LCGC saja. Mobil dengan harga maksimal Rp250 juta juga akan mendapatkan diskon PPnBM, tetapi hanya 50 persen. 

Pemerintah belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai hal tersebut. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang menyebut saat ini timnya tengah menyusun aturan teknis mobil Rp250 juta yang akan mendapatkan diskon PPnBm 50 persen sepanjang kuartal I/2022.

Agus mengatakan bahwa satu persayaratan untuk mendapatkan diskon PPnBM 50 persen adalah kandungan local purchase pada sebuah mobil. Pada diskon PPnBM 2021, syarat ini berlaku dengan besaran 60 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper