Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Lho Penyebab Kopling Selip, Bikin Kendaraan Tak Bisa Jalan

Kenali penyebab kopling selip yang menyebabkan kendaraan tak bisa jalan.
Ilustrasi transmisi manual. /Auto2000
Ilustrasi transmisi manual. /Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA - Pada kendaraan bertransmisi manual, kopling adalah bagian yang tidak tergantikan. Tanpa kehadirannya, kendaraan manual Anda tidak akan bisa melakukan pergantian gigi sehingga tidak akan bisa berjalan. 

Salah satu masalah yang sering terjadi pada komponen ini adalah kopling yang selip. Hal ini akan mengakibatkan kendaraan tidak akan bisa digunakan sama sekali. Kenali penyebab kopling selip agar bisa paham dan terhindar dari masalah yang satu ini.

Dilansir dari Auto2000, ini penyebab kopling selip pada kendaraan manual:

    1. Pegas Kopling yang Melemah
    Salah satu penyebab kopling mobil mengalami selip adalah karena kondisi pegas kopling yang melemah. Pegas kopling berfungsi untuk menekan pressure plate agar bisa meneruskan gaya tekanan ke kampas kopling. Hal inilah yang bisa memberikan tenaga dari mesin menuju transmisi. Nah, jika pegas ini melemah maka pressure plate tidak akan mampu menekan kampas membuat kopling selip dan tenaga putar dari mesin tidak bisa diteruskan.

    2. Adanya Oli pada Kopling
    Posisinya yang berada di antara transmisi dan mesin mobil, maka kemungkinan untuk terkena oli akan sangat tinggi. Jika terkena oli dalam jumlah yang banyak maka kopling bisa mengalami selip yang membuatnya tidak bisa digunakan untuk menyalurkan tenaga agar mobil bisa berjalan.

    3. Pressure Plate yang Usang
    Komponen kopling yang sangat penting adalah pressure plate. Bagian ini akan terhubung ke flywheel, memberikan tekanan pada pelat kopling untuk menahannya dengan erat. Memungkinkan tenaga bisa ditransfer dari mesin ke transmisi.Bagian ini bisa mendapatkan panas yang tinggi, sehingga akan mengalami bengkok. Gesekan yang terjadi juga dapat menyebabkannya keausan, sehingga tidak bisa memberikan tekanan yang tepat untuk mengalirkan daya dengan baik.

    4. Kampas Kopling yang Aus 
    Kampas kopling yang telah aus atau habis bisa menjadi penyebab mengapa kopling kendaraan bisa mengalami selip. Banyaknya gesekan dengan kopling membuat kampas semakin aus. Hal ini membuat berkurangnya tenaga yang diteruskan dari mesin menuju transmisi. Bila sudah parah, kampas tidak akan mampu lagi menjalankan fungsinya dengan baik. Hal tersebut menyebabkan kopling selip dan mobil akan sulit memasukkan gigi sehingga tidak bisa berjalan.

    5. Cakram Kopling Rusak
    Cakram kopling dilapisi dengan bahan yang mirip dengan kampas rem. Hal ini guna memberikan kemudahan interaksi antara permukaan pressure plate dan flywheel. Sama seperti kampas rem, permukaan cakram kopling bisa aus dan melengkung serta menyebabkan selip pada kopling.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


    Penulis : Khadijah Shahnaz
    Konten Premium

    Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

    Artikel Terkait

    Berita Lainnya

    Berita Terbaru

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    # Hot Topic

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Rekomendasi Kami

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Foto

    Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

    Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper