Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selain Lampu dan Aki, Rifat Sungkar Beberkan 4 Kelistrikan Mobil

Pembalap nasional Rifat Sungkar mengungkapkan ada empat kriteria kelistrikan atau elektrikal dalam sebuah mobil.
Pembalap nasional Rifat Sungkar./istimewa
Pembalap nasional Rifat Sungkar./istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Brand Ambassador PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Rifat Sungkar mengatakan ada empat kriteria kelistrikan atau elektrikal dalam sebuah mobil.

"Ada empat kriteria elektrikal, yaitu kelistrikan bagian luar, interior, mesin dan dalam sistem keamanan kendaraan. Kita coba belah satu persatu," ujar Rifat Sungkar dalam acara PT MMKSI pada Selasa (14/12/2021).

Pertama, bagian elektrikal bodi atau eksterior di dalam sebuah kendaraan selalu dibagi menjadi dua tipe kabel, yakni body harness dan engine harness.

Body harness adalah kabel yang berhubungan dengan kelistrikan, lampu, power steering, dan sound system. Untuk engine harness, itu berhubungan dengan penggerak yakni engine dan gearbox. Ini adalah sistem kelistrikan yang berhubungan dengan ECU atau otak dari mobil.

Kedua, elektrikal interior. Ini bagian dalam mobil, yang memang masih bagian dari body harness. Tetapi, hanya di bagian dalamnya saja.

"Ini saya mungkin harus menyampaikan lebih detail karena di sistem kelistrikan yang suka banyak gangguan. Suka banyak yang modifikasi audio, aksesoris, charger-nya banyak dan inverter, sementara kendaraan itu sudah punya teknologi membuat, satu kabel bodi untuk keseluruhan," papar Rifat.

Ketiga adalah elektrikal engine harness. Dia sangat mengimbau spesifikasi engine harness tidak dimodifikasi karena sistem bagian ini sangat mempengaruhi performa kendaraan. 

"Saya kurang rekomen, karena dalam pabrikan semua kontrol unit dalam kondisi standar adalah posisi paling optimal. Optimal dari power dan konsumsi bahan bakar," jelas Rifat.

Keempat, elektrikal sistem keamanan. Ini berhubungan dengan kriteria kelistrikan ketiga. Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan, sistem elektrikal kenyamanan dan keamanan terintegrasi dengan engine harness.

"Keamanan yang ada di sini juga ada dua, pasif dan aktif. Untuk engine keamanan, tapi keamanan aktif di mobil itu sudah meliputi HSA, ESC dan Cruise Control. Semua yang berhubungan dengan kenyamanan dan keamanan," tutup Rifat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper