Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bisa Dilakukan Sendiri, Ini 7 Cara Ganti Filter Oli Mobil

Kesalahan pemasangan filter oli dapat membuat oli mesin keluar ketika melewati filter ini.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 04 November 2021  |  09:38 WIB
Layanan THS-Auto2000 Home Service di antaranya adalah ganti oli, engine tune-up, servis berkala 1.000 Km pertama , 5.000 Km, 10.000 Km, 20.000 Km, 40.000 Km dan perbaikan ringan di bawah 2 jam.  - Auto2000
Layanan THS-Auto2000 Home Service di antaranya adalah ganti oli, engine tune-up, servis berkala 1.000 Km pertama , 5.000 Km, 10.000 Km, 20.000 Km, 40.000 Km dan perbaikan ringan di bawah 2 jam. - Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA - Ada beberapa langkah atau cara ganti filter oli mobil sendiri. Bahkan sebenarnya konsumen bisa mencobanya menggantinya sendiri. Terlebih Filter oli memang perlu diganti secara berkala agar mobil anda tetap terawat dan tahan lama. 

Fungsi utama dari filter oli adalah menyaring kotoran yang bisa terdapat di dalam oli mesin. Itulah mengapa komponen ini harus diganti secara rutin agar bisa kembali bersih. Perlu diketahui bahwa filter oli sebaiknya diganti setiap mobil sudah mencapai jarak tempuh 10.000 km. 

Dilansir dari Auto2000, ada tujuh cara atau langkah untuk mengganti filter oli mobil sendiri:

  1. Siapkan Alat-Alat

Ada beberapa peralatan yang harus Anda persiapkan untuk mengganti filter oli mobil. Beberapa peralatan itu adalah filter oli baru, kain perca, dongkrak mobil, kunci khusus filter oli, serta wadah untuk menampung oli bekas. Seluruh peralatan ini harus Anda siapkan agar proses mengganti filter oli menjadi lebih mudah.

  1. Dongkrak Bagian Depan Mobil

Anda dapat mendongkrak bagian depan mobil dengan alat yang sudah dipersiapkan. Tujuan mendongkrak bagian depan mobil ini supaya proses mengganti filter oli menjadi lebih mudah karena anda perlu masuk di bawah mobil. Jangan lupa gunakan kardus bekas atau mechanic creeper saat sedang merangkak di bawah mobil.

  1. Bersihkan Kotoran

Anda jangan langsung mengganti filter oli yang ada di mobil. Sebaiknya bersihkan terlebih dulu kotoran-kotoran di sekitar filter oli sebelum membukanya. Fungsi pembersihan ini agar kotoran tersebut tidak masuk ke saluran oli mesin karena bisa menyebabkan kebocoran pada filter oli baru.

  1. Buka Filter Oli Lama

Kini waktunya anda membuka filter oli lama menggunakan kunci khusus. Cara membukanya adalah memutar filter oli berlawanan ke arah jaruh jam. Kemudian tampung oli yang mengetes dengan wadah. Selanjutnya bersihkan kembali sisa di bagian dalamnya hingga benar-benar bersih.

  1. Pasang Filter Oli Baru

Anda sekarang dapat memasang filter oli baru. Untuk memastikan filter oli yang dibeli memang tepat, pastikan bentuk, lubang, dan part number-nya memang sama. Anda perlu melumasi area karet dari filter oli baru agar tidak melintir dan mudah dipasang.

Pasang filter oli dengan cara diputar ke arah jarum jam menggunakan kunci khusus itu. Pastikan filter tersebut sudah kencang hingga mentok. 

  1. Hidupkan Mesin Mobil

Kini anda bisa keluar dari bawah kolong mobil lalu hidupkan mesin. Tahap ini berguna untuk membuat oli mesin dalam kembali bersirkulasi dengan filter yang baru. Diamkan mesin mobil tetap menyala selama 3-5 menit. Cek kembali bagian bawah mobil. Apakah ada oli yang bocor atau rembes.

  1. Turunkan Dongkrak Mobil

Kalau memang tidak ada oli yang bocor atau rembes, anda bisa menurunkan dongkrak mobil. Sekarang proses mengganti filter oli sudah selesai. Mudah, bukan?

Tidak semua orang memang bisa mengganti filter oli mobil sendiri. Kesalahan pemasangan filter oli dapat membuat oli mesin keluar ketika melewati filter ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil tips auto2000 tips otomotif
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top