Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prediksi Harga All New Honda BR-V, Bandingkan dengan Toyota Rush

Harga mobil Honda BR-V baru ada kemungkinan lebih murah dibandingkan dengan generasi lama. Bila demikian, BR-V akan semakin menguatkan posisi sebagai LSUV dengan harga terjangkau.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 21 September 2021  |  11:10 WIB
Prediksi Harga All New Honda BR-V, Bandingkan dengan Toyota Rush
Honda N7X di Dreams Cafe Honda, Jakarta. - HPM
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Honda Prospect Motor (HPM) akan meluncurkan mobil baru pada hari ini, Selasa, 21 September 2021. Banyak spekulasi menyebut mobil tersebut adalah All New Honda BR-V generasi anyar yang dikembangkan dari N7X Concept. 

Dalam bocoran gambar yang pernah beredar sebelumnya, All New Honda BR-V memiliki bentuk hampir identik dengan Honda N7X Concept, yang saat ini sedang dipamerkan di beberapa kota besar. Perbedaan paling mencolok ada pada DRL bagian bawah yang absen di versi produksi.

Ada pula garis chrome jendela samping dan garnish silver di bawah samping yang menghilang, ketiadaan lip spoiler belakang, bumper belakang bagian bawah yang lebih simpel, serta bagasi belakang yang mendapat 'garis' tambahan di bagian atas plat nomor.  Sedangkan bagian mobil lainnya masih sama, termasuk pula kamera yang menggantung di spion kiri untuk Honda LaneWatch.

Sesuai dokumen di NJKB Samsat, BR-V baru akan ditawarkan dalam lima varian, yaitu S MT, E MT, E CVT, Prestige, dan Prestige Honda Sensing (HS).  Nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) Honda BR-V baru berada pada rentang Rp180 juta hingga Rp217 juta. NJKB ini lebih murah dibandingkan BR-V generasi lama, yakni Rp188 juta hingga Rp220 juta.

Sebagai gambaran Honda BR-V lama memiliki rentang harga Rp239,5 juta hingga Rp279,6 juta. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan tipe paling rendah Honda BR-V generasi terbaru dilego dengan harga lebih murah.

Bila demikian, BR-V akan semakin menguatkan posisi sebagai LSUV dengan harga paling terjangkau. 

Seperti diketahui, BR-V masuk dalam pasar otomotif paling gemuk di Tanah Air. Ceruk pasar ini kian sesak dengna kehadiran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Low SUV (LSUV) dari Honda ini akan berhadapan langsung dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan Mitsubishi Xpander Cross.

Jika menengok Toyota Rush, mobil ini merupakan satu model LSUV yang memiliki kontribusi penjualan cukup besar bagi Toyota Indonesia. Sama dengan BR-V, mobil ini mengusung konsep SUV 7 penumpang bermesin 1.500 cc.

Rush berbahan bakar bensin dengan pilihan transmisi otomatis dan manual. Bermodal mesin 1.5L Petrol Engine, In-Line 4 Cylinder 16 Valve DOHC, Toyota Rush menghasilkan tenaga 103 hp dan 136 Nm.

Jika mengacu harga PPnBM 100 persen, harga mobil Toyota Rush saat ini dibanderol Rp240,5 juta hingga Rp260,8 juta.

Sementara itu, Mitsubishi Xpander Cross adalah mobil hasil perpaduan mobil multiguna atau multi purpose vehicle (MPV) dengan sport utility vehicle (SUV). Mobil crossover ini berada di antara segmen small MPV dan Low SUV dengan memadukan kebutuhan kedua segmen ini.

Jika mengacu harga PPnBM 100 persen sebelum perpanjangan, harga Xpander Cross saat ini berada di Rp286,5 juta untuk transmisi A/T dan Rp276,5 juta untuk transmisi M/T.

Di luar itu, baru-baru ini Daihatsu juga memperkenalkan varian baru dari All New Terios R Costum. Mobil ini mendapat penambahan sejumlah fitur efisiensi yakni Eco Idle yang dapat mengurangi konsumsi bahan bakar 5 persen hingga 10 persen dalam kondisi jalan macet.

Terios model baru ini dilengkapi dengan Hill-Star Assist (HSA). FItur ini akan membantu pengendara tetap dapat melaju dengan tenang meski harus berhenti ditengah-tengah tanjakan.

Ada juga VSC (Vehicle Stability Control) yang membantu pengemudi untuk melewati jalanan selip dengan tetap aman. Fitur ini membantu pengemudi agar mobil tidak understeer atau oversteer. Adapun, harga All New Terios R Custom MT Rp246,4 juta dan AT Rp255,6 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif honda Harga Mobil
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top