Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Cara Refund Kelebihan Bayar Mobil PPnBM 100 Persen Daihatsu

Aturan pengembalian kelebihan bayar pajak barang mewah tersebut diatur di dalam Pasal 11D ayat 2 PKM 120/PMK010/2021. PPnBM yang telah dipungut sebelumnya dikembalikan oleh pengusaha yang melakukan pemungutan atau dalam hal ini dealer tempat membeli mobil.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 20 September 2021  |  16:49 WIB
Ini Cara Refund Kelebihan Bayar Mobil PPnBM 100 Persen Daihatsu
Pabrik PT Astra Daihatsu Motor yang bertempat di Sunter, Jakarta Utara. - ADM

Bisnis.com, JAKARTA — PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) menjamin pelanggan yang telah melakukan transaksi pembelian mobil diskon PPnBM 100 persen pada awal September 2021 mendapatkan pengembalian uang kelebihan bayar pajak.

"Kami memastikan pelanggan yang telah melakukan transaksi di awal September 2021 mendapat pengembalian uang. Itu dijamin," kata Marketing & konsumen Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, Senin (20/9/2021).

Hendra menjelaskan proses refund di Daihatsu sangat sederhana. konsumen akan dihubungi oleh masing-masing salesforce dan diminta untuk mengisi formulir data nomor rekening dan bank. Pelanggan juga diminta untuk menyertakan bukti halaman muka dari buku tabungan. 

Selanjutnya, bagian administrasi akan melakukan konfirmasi untuk memastikan kebenaran data-data rekening tersebut melalui video call kepada konsumen.

Apabila sudah terkonfirmasi semua yakni mulai dari kelengkapan dan kebenaran datanya, maka dalam waktu lima hari kerja konsumen sudah akan menerima pengembalian uang. 

"Kalau untuk pembelian secara kredit, perlakuan refund akan sama seperti pembelian cash, yaitu semua selisih harga OTR akan dikembalikan berupa cash ke konsumen," sebutnya.

Adapun aturan pengembalian kelebihan bayar pajak barang mewah tersebut diatur di dalam Pasal 11D ayat 2 PKM 120/PMK010/2021. PPnBM yang telah dipungut sebelumnya dikembalikan oleh pengusaha yang melakukan pemungutan atau dalam hal ini dealer tempat membeli mobil.

"Kelebihan PPnBM dan/atau PPN atas pembelian kendaraan bermotor pada bulan September 2021 akan dikembalikan atau refund oleh Pengusaha Kena Pajak yang melakukan pemungutan," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Febrio Kacaribu mengutip keterangan resmi yang diterbitkan Jumat (17/9/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif daihatsu PPnBM
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top