Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Baru Blackberry, Bikin Mobil jadi Dompet Digital

Proyek mobil masa depan telah menarik banyak minat perusahaan, mulai dari otomotif hingga teknologi.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA — BlackBerry akan bermitra dengan perusahaan Amerika Serikat untuk mengubah kendaraan menjadi sebuah dompet digital.

Mengutip Carscoops, Sabtu (14/8/2021), mantan penguasa pasar ponsel telah mengumumkan kesepakatan dengan Calfornia's Car IQ yang akan memanfaatkan pembayaran melalui mobil yang terhubung.

Sistem tersebut akan melibatkan perangkat lunak keuangan Car IQ yang dihubungkan dengan komputasi dalam kendaraan BlackBerry. Sistem ini juga akan menyediakan akses ke berbagai sensor kendaraandan akan membuat 'sidik jari digital' unik untuk kendaraan, memungkinkannya terhubung dengan aman ke jaringan pembayaran bank dan secara mandiri membayar layanan yang sering digunakan termasuk bahan bakar, tol, parkir, asuransi, pemeliharaan, dan kemampuan dompet digital lainnya.

“Kami senang menunjukkan penawaran end-to-end BlackBerry IVY untuk pasar ini melalui kemitraan kami dengan Car IQ,” kata Vice President IVY Product and Ecosystem di BlackBerry Peter Virk.

Virk mengatakan perusahaan sangat antusias mempercepat inovasi tersebut tersedia untuk pasar yang luas. 

Sementara itu pendiri Car I! Sterling Pratz mengatakan bahwa kemitraan dengan Blackberry merupakan upaya menangkan peluang bisnis baru masa depan. "Dengan BlackBerry IVY kami sekarang dapat sepenuhnya menanamkan solusi kami pada platform umum di dalam kendaraan, memungkinkan kami untuk tidak hanya memberikan tingkat keamanan tertinggi, tetapi juga sangat mengurangi kerumitan bagi bank dan pedagang,” katanya. 

Adapun proyek mobil masa depan telah menarik banyak minat perusahaan, mulai dari otomotif hingga teknologi. Pabrikan kendaraan bermotor Toyota telah membeli divisi mobil otonom Lyft seharga US$550 juta. Hal ini menjadikan Toyota semakin serius dalam mengembangkan mobil-mobil tanpa sopir atau bergerak tanpa bantuan manusia.

Sementara itu, pabrikan Jerman Volkswagen sudah mempersiapkan diri untuk persaingan di pasar mobil masa depan, yang bakal diisi oleh kendaraan ramah lingkungan, otonom, dan serba digital.

Volkswagen tengah menggarap Trinity Project, sedan bertenaga listrik yang akan diproduksi di Wolfsburg mulai 2026 dan akan menerapkan standar baru dalam hal jangkauan, kecepatan pengisian daya, dan digitalisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper