Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sweet Seventeen Toyota Avanza, Penjualannya Telah Mencapai 1,8 Juta Unit

Kabarnya tahun ini Toyota akan meluncurkan All New Avanza 2022.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 14 Juli 2021  |  17:30 WIB
Peluncuran Toyota Veloz, Selasa (15/1/2019). Desain Avanza baru terinspirasi dari model Toyota Vellfine.  - Bisnis.com/Thomas Mola
Peluncuran Toyota Veloz, Selasa (15/1/2019). Desain Avanza baru terinspirasi dari model Toyota Vellfine. - Bisnis.com/Thomas Mola

Bisnis.com, JAKARTA — Mobil sejuta umat Toyota Avanza pada tahun ini menginjak usia ke-17 tahun, sejak dipasarkan di Indonesia pada 2004. Dalam rentang waktu tersebut, Avanza telah menjelma sebagai mobil fenomenal di pasar otomotif Tanah Air.

Interactive Communication Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Dimas Aska mengungkapkan bahwa sejak diluncurkan pada 2004, data penjualan Avanza hampir menyentuh angka 2 juta unit sampai dengan saat ini.  

“Total penjualan wholesales [pabrik ke dealer] 1.869.588 unit, sementara penjualan ritel [dealer ke konsumen] 1.882.682 unit,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Rabu (14/7/2021).

Dengan kehadiran program relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM), tidak menutup kemungkinan Avanza menutup tahun 2021 dengan capaian penjualan 1,9 juta unit, dan tahun depan menyentuh angka 2 juta unit.

Kehadiran Avanza di pasar otomotif Indonesia adalah fenomena. Mobil ini resmi dipasarkan di Indonesia bersamaan dengan saudara kembarnya, yakni Daihatsu Xenia. Keduanya merupakan hasil kolaborasi yang telah dipersiapkan sejak 1999.

Kemunculan Avanza saat itu langsung disambut positif oleh konsumen. Dirancang untuk tujuh penumpang, ruangan yang cukup lapang untuk kaki penumpang, ditambah banderol yang terhitung miring, membuat konsumen tak butuh waktu lama untuk jatuh cinta.

Hasilnya, Avanza langsung mengukir rekor sebagai mobil terlaris di Tanah Air, sejak tahun 2004 sampai dengan 2019. Baru pada tahun lalu, dominasi Avanza di panggung otomotif resmi diakhiri oleh kinerja penjualan Honda Brio.

Selama 17 tahun, produk lain mencoba berkompetisi di ceruk pasar yang diisi oleh Avanza. Namun, kehadiran model lain di pasar, sejauh ini tidak mampu menggeser dominasi Avanza sebagai model low multipurpose vehicle (LMPV) terlaris.

Generasi terbaru Avanza lahir pada awal 2019 dengan sejumlah penambahan fitur untuk mengakomodir kebutuhan konsumen. Tampilan dibuat lebih sportif lengkap dengan beragam fitur, tetapi dengan harga yang masih terjangkau dibandingkan kompetitor.

Baru-baru ini, rumor tentang rencana peluncuran Toyota Avanza generasi ketiga semakin menguat. Selain dari persaingan yang semakin ketat, Avanza generasi kedua yang saat ini dipasarkan sudah berusia cukup tua, yakni 10 tahun.

Sementara itu, rival Toyota seperti Honda, Mitsubishi, Suzuki, dan Wuling terus menggempur Avanza dengan model yang lebih baru. Baru-baru ini, Hyundai diperkirakan bakal ikut menantang Avanza melalui model yang akan diproduksi di Cikarang, Jawa Barat. 

Mengutip Wapcar.my, Avanza generasi ketiga disebut-sebut akan meluncur pada November 2021. Jika benar, besar kemungkinan kembaran Daihatsu Xenia ini akan mengadopsi mobil konsep DN Multisix yang dipamerkan di GIIAS 2017 dan Tokyo Motor Show 2017.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toyota Avanza Toyota Astra Motor
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top