Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Otomotif: Biarpun WFH, Cek Komponen Mobil yang Perlu Rutin Diperiksa

Berikut adalah daftar komponen mobil yang perlu diperiksa selama PPKM Darurat menurut Auto2000.
Mekanik Auto2000 Sedang Melakukan Uji Emisi Kendaraan. /Auto2000
Mekanik Auto2000 Sedang Melakukan Uji Emisi Kendaraan. /Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA — Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat) Jawa-Bali mengharuskan masyarakat untuk mengurangi mobilitas dan tetap di rumah.

Namun selama masa pembatasan ini, pemilik mobil perlu melakukan pengecekan terhadap kondisi kendaraannya untuk menjaganya tetap dalam kondisi prima.

"Pemilik kendaraan dapat menggunakan waktu luang di masa PPKM Darurat untuk memeriksa komponen mobil," kata Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, dalam keterangan pers hari ini, Jumat (9/7/2021).

Berikut adalah daftar komponen mobil yang perlu diperiksa selama PPKM Darurat menurut Auto2000.

1. Oli Mesin
Pemeriksaan oli mesin dapat dilihat dari takarannya menggunakan dipstick dan bisa juga melihat waktu terakhir ganti oli melalui odometer.

Penggantian oli mesin direkomendasikan diganti setiap 6 bulan atau 10.000 km, tergantung mana ang tercapai lebih dahulu. Pemilik mobil juga harus memastikan tidak ada kebocoran oli di rumah transmisi.

2. Filter Mobil
Bagian filter mobil yang terdiri dari filter oli, filter udara, dan filter bensin juga perlu dipastikan kondisinya tetap prima agar tidak mengganggu sirkulasi fluida dan merusak kinerja mesin.

Kemudian filter AC juga perlu dibersihkan untuk menjaga aliran udara AC di dalam kabin tetap dingin dan tidak mampat.

3. Aki dan Lampu Mobil
Selama jarang digunakan, sistem pencahayaan dan aki mobil juga perlu diperiksa. Selalu panaskan mesin mobil untuk mengisi ulang aki agar sistem kelistrikan mobil tidak mengalami korsleting.

4. Ban Mobil
Kondisi ban mobil juga harus dipastikan tetap dalam kondisi prima. Tekanan angin disesuaikan dengan rekomendasi pabrik dan pastikan telapak ban tidak aus. Kemudian pelek mobil juga jangan sampai retak atau pecah.

5. Cairan Mobil
Cairan pada mobil seperti air radiator, minyak rem, dan pembersih kaca (washer) juga harus tetap terjaga kondisinya. Pastikan tangki air radiator tidak kurang dari batas maksimal dan segera tambahkan apabila berkurang.

Kemudian untuk minyak rem dan air washer juga harus dipastikan volumenya tidak berkurang.

6. Rem Mobil
Bagian rem mobil cukup vital fungsinya. Pastikan tidak ada kebocoran antara tabung penyimpan minyak rem menuju rem mobil.

Saat memanaskan mesin, maju-mundurkan mobil dan lakukan pengereman untuk merasakan kinerjanya. Jika dirasa kurang pakem, maka segera cek bagian kampas rem, yang kemungkinan kondisinya sudah aus.

7. Wiper
Suku cadang yang tak kalah penting untuk diperiksa selama PPKM darurat adalah karet wiper. Pastikan karet wiper tidak mengeras atau getas, pasalnya hal tersebut bisa menyebabkan kaca depan menjadi tergores atau rusak. Kemudian juga jangan lupa cek wiper belakang yang kerap terlupakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper