Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Otomotif : 6 Langkah Mudah Tune Up Mobil di Rumah

Tune up merupakan salah satu perawatan yang wajib dilakukan para pemilik mobil agar performanya kembali seperti mobil baru.
Aki Mobil. Kondisi aki mobil juga tak kalah penting untuk dicek.  /Suzuki Indomobil
Aki Mobil. Kondisi aki mobil juga tak kalah penting untuk dicek. /Suzuki Indomobil

Bisnis.com, JAKARTA – Tune up merupakan salah satu perawatan yang wajib dilakukan para pemilik mobil agar performanya kembali seperti mobil baru.

Meski biasanya dilakukan di bengkel, ada cara sederhana melakukan tune up mobil sendiri adalah di rumah. Mengingat masa pandemi Covid seperti saat ini, aktivitas di bengkel dibatasi karena ada pengetatan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro.

Namun perlu dicatat, saat melakukannya sendiri di rumah ada beberapa hal yang patut diperhatikan dan dipersiapkan serta peralatan wajib seperti obeng, kunci pas, kunci ring, pengukur celah, amplas, timing light, tes kompresi, dan kain lap.

Berikut tips merawat kendaraan secara mandiri di rumah, menurut Wuling:

1. Bersihkan Saringan Udara

Pertama-tama bersihkan filter udara. Mengapa? Filter udara lebih mudah untuk dibongkar dibandingkan komponen lainnya. Di samping itu, saringan udara juga lebih cepat dingin.

Cara membersihkan saringan udara adalah dengan mencucinya menggunakan air sabun. Keringkan dengan benar hingga tak ada air sama sekali yang tersisa. Setelah selesai, letakan kembali saringan udara ke tempat semula.

2. Busi dan Kabel Busi

Langkah berikutnya, cek busi mobil. Periksa kondisi kebersihan busi, dan bersihkan jika kotor. Apabila tidak memungkinkan, pemilik mesti menggantinya dengan yang baru.

Tak kalah penting saat tune up mobil di rumah adalah mengecek kondisi kabel busi. Bila kondisi kabel sudah jelek maka akan berpengaruh pada nyala api busi.

3. Mengganti Oli Mesin

Mengganti oli mesin mobil merupakan salah satu bagian dari tune up. Mengganti oli mesin ini memang umumnya dilakukan di bengkel, tapi jika kondisi mendesak Anda bisa menggantinya sendiri di rumah.

Caranya cukup mudah, langkah pertama buka tutup oli di mesin dan baut penutup di oil tank, lalu biarkan oli di mesin keluar seluruhnya. Jika sudah, masukkan lagi oli baru, dan jangan lupa mengganti filter olinya.

4. Aki

Kondisi aki mobil juga tak kalah penting untuk dicek. Aki merupakan nyawa dari mobil. Untuk itu, Anda wajib melakukan inspeksi terhadap aki mobil saat melakukan tune up di rumah.

Jika menggunakan aki basah, perhatikan ketinggiannya. Apabila air aki berada di bawah standar maka akan membuat reaksi aki tidak maksimal, sehingga arus listrik yang dibutuhkan tak bisa terpenuhi. Jika memakai aki kering, periksa kondisi indikator apakah masih baik atau harus diganti.

5. Cek Kondisi Radiator

Ketika melakukan tune up mobil di rumah sendiri, radiator juga menjadi satu bagian yang harus dicek. Anda juga bisa memastikan kondisi air pada radiator tak berkurang. Tabung reservoir juga tak luput dari pengecekan. Pastikan tabung terisi dengan air radiator.

6. Setelan Idle dan Pengapian

Saat melakukan tune up sendiri di rumah, Anda juga harus menyetel idle dan pengapian. Caranya adalah memutar bagian distributor ketika mobil dalam kondisi menyala.

Kemudian penyetelan idle berfungsi untuk menyetel campuran antara bensin dan udara pada kondisi stasioner. Anda harus memastikan putaran mesin berada pada kondisi stasioner sebelum melakukan penyetelan campuran idle. Apabila putaran stasioner berubah setelah penyetelan, maka perlu dilakukan penyetelan ulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper