Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 5 Cara Merawat Mobil yang Sering Disepelekan

Berikut cara mengecek kondisi dan merawat mobil yang jarang digunakan.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 03 Mei 2021  |  14:53 WIB
Mobil baru Honda dipajang di diler Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Selatan, Selasa (31/7/2018). - JIBI/Nurul Hidayat
Mobil baru Honda dipajang di diler Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Selatan, Selasa (31/7/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Di tengah situasi pandemi Covid-19, sering kali mobil tidak dipakai setiap hari. Mobil yang tidak terpakai bukan berarti tidak memerlukan perawatan. 

Mesin mobil, meskipun tidak digunakan, justru perlu mendapatkan perhatian khusus. Mesin yang tidak digunakan dalam waktu lama akan memiliki potensi bermasalah, seperi aki tekor, tekanan ban berkurang, kuman pada saluran pendingin udara, hingga bahan bakar yang mengendap. 

Mengutip situs Honda Indonesia, Senin (3/5/2021), berikut cara merawat dan mengecek kendaraan yang lama terparkir dirumah:

  1. Panaskan mesin minimal seminggu sekali. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan mesin dapat berjalan normal dan oli dapat bersirkulasi ke seluruh bagian mesin.

  2. Pastikan sistem kelistrikan berfungsi dengan baik. Anda dapat mencoba menyalakan lampu utama, lampu sein, power window, klakson dan fitur fitur lainnya untuk memastikan masih berfungsi dengan normal. Selain itu, periksa juga wiring di area mesin apakah masih dalam kondisi normal, serta pastikan tidak ada kabel yang terkelupas.

  3. Periksa komponen-komponen berbahan karet seperti wiper. Apakah terjadi getas dan permukaannya sudah retak? Selain itu, apakah wiper masih mampu membersihkan kaca mobil dengan baik, atau justru meninggalkan sisa air danmenimbulkan bunyi gesekan saat berfungsi? Apabila iya, maka wiper Anda sudah harus diganti.

  4. Pastikan kondisi tekanan ban masih sesuai standar dan tidak ada perubahan bentuk di permukaan ban, seperti retakan atau benjolan. Untuk standar tekanan ban, Anda dapat melihat informasi yang tertera di area pintu pengemudi. Kemudian, jika memungkinkan lakukan maju mundur untuk mencegah flat spot pada ban mobil Anda.

  5. Pastikan kondisi minyak rem tidak berkurang dan tidak terjadi kebocoran. Selain itu, pastikan rem masih berfungsi baik dengan cara menekan pedal rem beberapa kali.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil tips otomotif
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top