Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Industri Otomotif Mulai Pulih, Laba Hankook Naik 75,5 Persen  

Ban berukuran besar atau lebih dari 18 inci berkontribusi paling besar terhadap penjualan Hankook Tire secara global.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 07 Mei 2021  |  09:45 WIB
Hankook Tire.  - reuters
Hankook Tire. - reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Produsen ban global asal Korea Selatan, Hankook Tire mencatatkan peningkatan laba sebesar 75,5 persen secara tahunan pada kuartal I/2021. Pertumbuhan ini terjadi seiring pulihnya pasar otomotif di dunia dari dampak Covid-19.

Berdasarkan laporan keuangan Hankook, penjualan keseluruhan perusahaan naik 12,6 persen secara tahunan dengan nilai 1,61 triliun won. Adapun, laba operasional mencapai 186 miliar won, naik 75,5 persen dari tahun sebelumnya (yoy). 

“Penjualan lebih stabil di beberapa pasar besar seperti Eropa, Amerika Utara, dan China, khususnya bagi penjualan ban high-inch yang merupakan ban 18 inci atau lebih,” tulis keterangan resmi Hankook, Kamis (7/5/2021).

Menurut data perusahaan, penjualan global untuk ban high-inch mencapai 38 persen dari keseluruhan penjualan ban Hankook dan naik 4 persen secara tahunan.

Sementara itu, penjualan ban pengganti atau replacement tire juga mengalami kenaikan karena membaiknya permintaan dari pasar Amerika Serikat dan Eropa. Begitu pun dengan China. Penjualan ban high inch di negara itu meningkat 13 persen hingga 40 persen.

Demi menjaga momentum tersebut, Hankook terus mengupayakan kerja sama dengan produsen mobil global. Baru-baru ini, Hankook menjadi mitra original equipment manufacture (OEM) untuk Porsche 718 dan Porsche Cayman, melalui produk Ventus S1 Evo3. 

“Selain itu Hankook juga terus menambah kerjasama OE untuk kendaraan listrik, dengan menjadi ban bawaan pada mobil sport elektrik berperforma tinggi pertama milik Porsche, yaitu seri Taycan, dan juga NIO ES6 dan EC6,” tulis siaran pers tersebut. 

Pada 2021, Hankook fokus menjaga pertumbuhan dari penjualan ban high-inch di pasar dan meningkatkan kerjasama OEM dengan memanfaatkan portofolio yang sudah terbangun. 

Perusahaan juga menyatakan pertumbuhan sektor ban kendaraan listrik (EV) juga akan menjadi salah satu fokus utama. Hankook menargetkan keunggulan pada inovasi EV bersamaan dengan perkembangan teknologi dan solusi. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif industri otomotif hankook
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top