Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekspansi Pabrik Ban di AS, Hankook Tire Gelontorkan Dana Rp24 Triliun

Hankook Tire mengumumkan akan melakukan ekspansi pabrik ban yang berlokasi di Clarksville, Tennessee, Amerika Serikat (AS).
Rizqi Rajendra
Rizqi Rajendra - Bisnis.com 30 September 2022  |  10:00 WIB
Ekspansi Pabrik Ban di AS, Hankook Tire Gelontorkan Dana Rp24 Triliun
Hankook Tire. - reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan ban global asal Korea Selatan, Hankook Tire mengumumkan akan melakukan ekspansi pabriknya yang berlokasi di Clarksville, Tennessee, Amerika Serikat (AS).

Dewan direksi disebut telah menyetujui nilai investasi yang digelontorkan mencapai $1,6 miliar atau sekitar Rp24 triliun.

CEO Hankook Tire and Technology sekaligus President of Hankook Tire America Corp, Sooil Lee mengatakan, investasi ini merupakan ekspansi tahap kedua pabrik di Tennessee yang bertujuan menggandakan kapasitas produksi ban mobil penumpang dan truk ringan (PC/LT) hingga 11 juta unit. Proyek perluasan pabrik Hankook di Tennessee itu juga diklaim menyerap 1.200 tenaga kerja.

"Melalui fokus pada konstruksi yang berkelanjutan dan manufaktur inovatif, tahap baru pabrik Tennessee ini akan menyediakan rantai pasok lokal-ke-lokal yang efektif untuk memenuhi permintaan pelanggan. Selain itu, kami sangat bangga karena dapat terus mendukung ekonomi lokal dengan menghadirkan 1.200 pekerjaan baru di area Clarksville," ujar Sooil dalam keterangan resmi dikutip Kamis, (29/9/2022).

Selain itu, Hankook juga berencana menambahkan ekspansi tahap ketiga dengan produksi pertama ban truk bus dan radial (TBR) di AS hingga sebanyak 1 juta unit.

Menurutnya, ekpansi tersebut merupakan bentuk komitmen Hankook dalam menyediakan ban berkualitas tinggi kepada para dealer ban dan konsumen untuk memenuhi permintaan pasar Amerika.

Adapun, sejak pabrik di Tennessee dibuka pada Oktober 2017 silam, Hankook telah memproduksi 5,5 juta ban setiap tahun untuk pasar Amerika Utara. Pasar Amerika Utara menyumbang lebih dari 28 persen dari total penjualan ban Hankook pada tahun 2021.

Dia berharap, Hankook akan melakukan terobosan pada pabrik baru di awal 2023, tergantung pada kesepakatan, persetujuan peraturan, dan kondisi lainnya. Sementara itu, produksi ban di tahap baru akan dimulai pada kuartal IV/2024 dan mencapai kapasitas penuh pada awal 2026.

Di lain sisi, Gubernur Tennessee, Bill Lee mengatakan, iklim bisnis di Tennessee yang kuat, tenaga kerja yang terampil, serta lokasi yang strategis membuat Tennessee menjadi magnet investasi bagi pemilik brand global seperti Hankook. Dia pun mengapresiasi Hankook atas investasi yang berkelanjutan di wilayahnya.

"Saya berterima kasih kepada Hankook atas investasinya yang berkelanjutan di negara bagian kami dan juga untuk menciptakan 400 pekerjaan baru di pabrik bagi orang-orang Tennesse di Montgomery," ucap Bill Lee.

Sebagai informasi, Hankook memiliki delapan basis produksi yang tersebar di lima negara di dunia, termasuk Amerika Serikat, Indonesia, Hongaria, China, dan Korea. Saat ini, Hankook Tire memiliki kapasitas produksi global tahunan sekitar 100 juta unit dan melalui ekspansi di pabrik Tennessee, perusahaan diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi hingga 106.5 juta unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hankook Hankook Tire pabrik ban
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top