Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jangan Lama-lama Memanaskan Mobil, Ini 4 Dampak Buruknya!

Sebelum bepergian, salah satu rutinitas yang sering dilakukan banyak orang adalah memanaskan mesin mobil sebelum berkendara. Banyak yang khawatir performa mesin tidak optimal jika mesin mobil tidak dipanaskan terlebih dahulu.
Luke Andaresta
Luke Andaresta - Bisnis.com 03 Mei 2021  |  17:30 WIB
Seorang anak menjajal Isuzu Traga. Selain menimbulkan efek yang buruk terhadap lingkungan maupun manusia, ternyata memanaskan mobil juga bisa menimbulkan kerusakan pada berbagai komponen mobil seperti di antaranya adalah catalytic converter tidak bekerja secara maksimal.  - Isuzu
Seorang anak menjajal Isuzu Traga. Selain menimbulkan efek yang buruk terhadap lingkungan maupun manusia, ternyata memanaskan mobil juga bisa menimbulkan kerusakan pada berbagai komponen mobil seperti di antaranya adalah catalytic converter tidak bekerja secara maksimal. - Isuzu

Bisnis.com, JAKARTA- Sebelum bepergian, salah satu rutinitas yang sering dilakukan banyak orang adalah memanaskan mesin mobil sebelum berkendara. Banyak yang khawatir performa mesin tidak optimal jika mesin mobil tidak dipanaskan terlebih dahulu.

Akan tetapi, memanaskan mesin mobil ternyata dapat menimbulkan efek yang buruk bagi lingkungan, manusia, bahkan mobil itu jika dalam waktu yang cukup lama atau lebih dari 1 menit.

Berikut 4 efek buruk jika anda memanaskan mobil dengan waktu yang terlalu lama.

1. Membuang bahan bakar

Setiap mobil tentunya membutuhkan bahan bakar untuk bisa beroperasi, baik itu bensin (gasoline) maupun diesel (solar). Tanpa disadari ketika memanaskan mobil, bahan bakar terbuang begitu saja. Sedangkan penggunaan bahan bakar yang terlalu berlebihan dapat menghasilkan kualitas udara yang buruk dan meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer yang berasal dari emisi gas karbon dioksida (CO2).

2. Menyebabkan perubahan iklim

Perubahan iklim adalah perubahan signifikan yang terjadi pada suhu, curah hujan, dan angin yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama, bisa dalam satu dekade atau bahkan lebih. Penyebabnya karena beberapa faktor, salah satunya penggunaan bahan bakar yang berlebihan. Maka dari itu, menghabiskan bahan bakar untuk memanaskan mobil perlu diperhatikan

3. Mengganggu kesehatan

Memanaskan mobil terlalu lama juga membuat kesehatan kita menjadi terganggu, karena gas yang dibuang dari mobil mengandung zat karbon dioksida (CO2) yang dapat mengganggu sistem pernapasan manusia, terutama bagi anak-anak dan ibu hamil. Hindari memanaskan mobil di ruang tertutup dan cari lokasi terbuka, sebab akan membahayakan kalian maupun orang lain yang berada di ruangan itu.

4. Menimbulkan kerusakan pada komponen mobil

Selain menimbulkan efek yang buruk terhadap lingkungan maupun manusia, ternyata memanaskan mobil juga bisa menimbulkan kerusakan pada berbagai komponen mobil seperti di antaranya adalah catalytic converter tidak bekerja secara maksimal dan apabila terlalu panas dapat memicu kebakaran jika berada di dekat bahan-bahan yang mudah terbakar, busi akan cepat kotor sehingga terjadi peningkatan konsumsi bahan bakar alias boros, dan pipa knalpot cepat berkarat karena mengeluarkan uap air yang terlalu banyak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mesin mobil Perawatan Mobil
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top