Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diskon PPnBM Mobil 2.500 cc Meluncur: Innova, Fortuner, Pajero Sport Turun Harga!

Ada dua skema diskon PPnBM yang diberikan kepada mobil dengan kapasitas mesin mulai dari 1.501-2.500 cc. Kijang Innova, Toyota Fortuner, hingga Mitsubishi Pajero Sport bakal turun harga nih.
Kijang Innova TRD Sportivo Limited. Toyota
Kijang Innova TRD Sportivo Limited. Toyota

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah resmi memperluas insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) bagi kendaraan bermotor dengan kapasitas silinder mesin antara 1.501 cc hingga 2.500 cc.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebutkan kebijakan perluasan insentif PPnBM telah diputuskan dalam rapat koordinasi terbatas. Rakortas tersebut dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, serta dihadiri oleh dirinya dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

“Potongan pajak akan diberikan kepada kendaraan bermotor roda empat dengan kapasitas tersebut dan segmen 4x2 serta 4x4,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Rabu (25/3/2021).

Ada dua skema pengurangan PPnBM yang diberikan kepada mobil berpenggerak 4x2 dan 4x4. Pertama, untuk kendaraan 4x2 diberikan diskon PPnBM sebesar 50 persen. Tarif PPnBm yang semula 20 persen akan menjadi 10 persen untuk tahap I (April-Agustus 2021). Adapun pada tahap II (September-Desember 2021), PPnBm jenis mobil ini menjadi 15 persen.

Sementara itu, skema bagi kendaraan berpenggerak 4x4 adalah diskon sebesar 25 persen. Segmen mobil yang sedianya memiliki tarif PPnBM 40 persen akan menjadi 30 persen untuk tahap I dan 35 persen tahap II.

Meski demikian, diskon PPnBM hingga 50 persen dapat dilakukan dengan syarat kendaraan memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 70 persen.

Diskon PPnBM Mobil 2.500 cc Meluncur: Innova, Fortuner, Pajero Sport Turun Harga!

Lantas, mobil jenis apa saja yang bakal mendapat insentif PPnBM 50 persen untuk kategori 2.500 cc?

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ada beberapa mobil yang masuk kriteria dengan kapasitas mesin di atas 1.501-2.500 cc. Jumlah tersebut memang tidak sebanyak jenis mobil di bawah 1.500 cc yang sebelumnya sudah mendapat insentif PPnBM.

Pabrikan Toyota memiliki dua jenis mobil dengan kapasitas mesin 1.501-2.500 cc, yaitu Kijang Innova (2.000 cc untuk bensin dan 2.400 untuk diesel) dan Toyota Fortuner bermesin diesel yang berkapasitas 2.400 cc. Sayangnya, Fortuner dengan mesin bensin tidak dapat diskon PPnBM karena memiliki kapasitas 2.700 cc.

Lebih lanjut, pabrikan Honda memiliki varian Honda CR-V dengan kapasitas mesin bensin 2.000 cc. Di sisi lain, pabrikan Mitsubishi sudah memproduksi Mitsubishi Pajero Sport yang memiliki kapasitas mesin 2.400 cc dan 2.500 cc.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper