Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPnBM Nol Persen, Penjualan Toyota Vios Naik 500 Persen

Mengutip harga yang dipublikasikan Auto2000, selisih harga Toyota Vios setelah kebijakan PPnBM nol persen adalah yang tertinggi, atau sebesar Rp59,95 juta hingga Rp61,85 juta. 
Dealer Toyota. /Auto2000
Dealer Toyota. /Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA — Satu model yang paling mendapatkan animo tertinggi dari kebijakan PPnBM nol persen adalah Toyota Vios. PT Toyota Astra Motor mencatat per 22 Maret 2021, pemesanan sedan tersebut naik lebih dari 500 persen secara bulanan atau menjadi 459 unit. 

"Kalau kita lihat impact insentif PPnBM ini cukup positif. Untuk selanjutnya kami masih mempelajari, karena kebijakan ini punya time period," kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto dalam diskusi virtual, Selasa (23/3/2021).

Adapun selain Vios, dua model Toyota lain, yakni Avanza dan Rush yang juga menikmati fasilitas PPnBM nol persen dari pemerintah yang berlaku sejak Maret hingga Mei 2021. 

Pada periode yang sama pemesanan Avanza naik 130,3 persen secara bulanan menjadi 5.714 unit dan Rush naik 163,4 persen menjadi 7.725 unit. 

Marketing Director TAM Anton Jimmy Suwandi mengatakan selain PPnBM, setiap dealer juga memiliki promo khusus untuk memaksimalkan momentum. Namun, bila dilihat dari komposisi kenaikan, kebijakan PPnBM ditanggung pemerintah berkontribusi sangat tinggi. 

"Terlihat dari kenaikan paling tinggi Vios, kemudian Rush, lalu Avanza," kata Jimmy. 

Dia melanjutkan, seperti diketahui, Vios mendapatkan potongan harga mobil paling tinggi. Pasalnya berdasarkan aturan yang masih berlaku, Vios tergolong sedang berkubikasi kurang dari 1.500 cc yang dikenakan tarif PPnBM sebesar 20 persen. 

Kemudian Rush, secara harga lebih mahal dibandingkan dengan Avanza. Dengan demikian model LSUV ini mendapatkan potongan harga yang juga lebih tinggi dibandingkan Avanza. 

Mengutip harga yang dipublikasikan Auto2000, selisih harga Toyota Vios setelah kebijakan PPnBM nol persen sebesar Rp59,95 juta hingga Rp61,85 juta. 

Toyota Rush mendapatkan potongan harga antara Rp17,2 juta hingga Rp18,3 juta. Sementara itu potongan harga Avanza paling kecil, atau antara Rp12,6 juta hingga Rp15,75 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper