Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mobil Bekas Terpopuler Versi Carsome, Innova dan Avanza di Puncak

Posisi lima besar mobil bekas paling populer diduduki oleh mobil Toyota Innova, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda CR-V dan Honda Jazz.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 19 Maret 2021  |  18:22 WIB
Mobil bekas.  - Carsome.
Mobil bekas. - Carsome.

Bisnis.com, JAKARTA – Mobil multipurpose vehicle (MPV) ramah keluarga rupanya masih menjadi raja di pasar mobil bekas. Duet Toyota Innova dan Avanza berdiri kokoh di takhta mobil bekas paling populer sepanjang tahun lalu.

Berdasarkan Carsome Insights 2020, Toyota Innova dan Toyota Avanza masih merajai Top 5 merek mobil bekas paling populer tahun 2020. Posisi lima besar diduduki oleh mobil Toyota Innova, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda CR-V dan Honda Jazz.

Hal ini cukup menarik karena di 2019, Toyota Avanza berada di peringkat teratas mendahului Toyota Innova. Adapun, Honda Mobilio dan Daihatsu Agya kini berhasil disalip oleh Honda CR-V dan Honda Jazz dalam perebutan peringkat keempat dan kelima.

Berdasarkan data Carsome, perbedaan umur mobil yang laris terjual sepanjang 2019 dan 2020 ternyata cukup signifikan. Pada 2019, mobil bekas yang laku terjual lewat Carsome adalah mobil berumur 2 sampai 5 tahun.

Adapun, pada tahun 2020, justru mobil berusia 6 sampai 8 tahun lebih laku terjual ke Carsome. Miringnya perbedaan umur mobil bekas terjual ini dapat disebabkan oleh pandemi Covid-19 di awal 2020 yang menuntut masyarakat untuk tetap menjaga kestabilan cash flow.

Delly Nugraha, General Manager Carsome Indonesia menyatakan bahwa dibandingkan dengan sebelum pembatasan sosial berskala besar (PSBB), hasil Carsome Consumer Survey menunjukkan peningkatan suplai mobil bekas.

“Jumlah orang Indonesia yang ingin menjual mobilnya di masa setelah PSBB ini meningkat sebesar 52 persen. Kami memprediksi konsumen ingin meremajakan mobil mereka,” ujar Delly dalam keterangan resmi, yang diterima Bisnis, Jumat (19/3/2021).

Memasuki 2021, perkiraan tren industri otomotif mobil bekas masih menjadi topik pembahasan. Kehadiran pandemi Covid-19 masih menjadi salah satu faktor besar yang menentukan tren tahun lalu dapat tetap bertahan di 2021.

Dengan adanya perubahan gaya hidup, masyarakat cenderung untuk beralih ke kendaraan pribadi dan tidak menggunakan transportasi umum agar tidak tertular virus Corona.

Kendaraan jenis MPV seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia ataupun Nissan Livina mulai mengimbangi penjualan dari Compact SUV seperti Mazda CX3, Mazda CX5, Honda HR-V, dan Toyota Innova.

Pergeseran ini terjadi karena penggunaan transportasi umum berkurang dan masyarakat butuh kendaraan yang dapat menampung muatan lebih banyak untuk membawa keluarga mereka.

Menurut Carsome, penjualan kendaraan mobil bekas yang populer di antara dealer mobil bekas juga masih dipegang oleh Toyota di urutan pertama, lalu diikuti Honda dan Daihatsu, dan Suzuki.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toyota Avanza mobil bekas Toyota Innova
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top