Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sering Banyak yang Salah, Begini Makna RS pada Mobil Honda

Tidak sedikit yang berasumsi RS adalah kepanjangan dari "Racing Sport", karena memang model Honda yang bertitel RS dikenal sebagai varian sporty.
Logo Honda/Reuters-Michael Caronna
Logo Honda/Reuters-Michael Caronna

Bisnis.com, JAKARTA - PT Honda Prospect Motor (HPM) bakal meluncurkan salah satu produk terbarunya pada Rabu (3/3/2021) siang. Mobil ini diprediksi merupakan City Hatchback yang sudah diungkap bocorannya lewat media sosial Honda.

Menilik situs resmi Honda Indonesia, mobil tersebut akan masuk dalam jajaran RS. Seperti diketahui RS menjadi emblem khusus yang menjadi penanda varian atas model tertentu. 

Namun apa arti dari kata RS ini pada mobil Honda? Tidak sedikit yang berasumsi RS adalah kepanjangan dari "Racing Sport", karena memang model Honda yang bertitel RS dikenal sebagai varian sporty.

Mengutip Mobil88, RS sendiri merupakan kepanjangan dari Road Sailing yang kastanya berada di atas rata-rata dan merupakan produk yang memiliki nilai lebih dari sekedar mobil penumpang. Jika dialihbahasakan ke Indonesia, makna sesungguhnya adalah "mengendarai secara nyaman".

Dengan demikian, harapannya tipe RS bukan hanya memberikan kenyamanan, tapi bentuknya juga harus bisa memikat perhatian.

Honda kemudian menerjemahkan RS ini sebagai unit everyday sport, sehingga varian tersebut sangat cocok untuk konsumen yang ingin tampil beda di atas tunggangan sehari-hari. Pada intinya, Honda ingin menonjolkan aura sporty, elegan, sekaligus dinamis. Maka dari itu varian RS memberikan jawaban dengan menyajikan penampilan yang lebih mengentalkan aura sporty dan dinamis.

Bicara keluarga RS, Honda secara global memperkenalkan varian RS tersebut pada Honda Civic generasi pertama. Model ini dirilis secara eksklusif lantaran hanya terdapat 20.000 unit dalam periode 1975 sampai 1975.

Saat ini model-model global yang telah dibekali emblem RS antara lain ada sembilan model, yakni Jazz/Fit (mulai 2007), Mobilio (2014), Jade (2015), Brio (2016),  HR-V (2019), Civic Sedan (2019), Civic Hatchback (2020), dan City (2020).

Di Indonesia, produk yang mengusung emblem RS memiliki empat varian, seperti Jazz, Mobilio, Brio dan yang terakhir adalah Civic Hatchback.

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, mobil-mobil bertitel RS ini biasanya mendapatkan pemanis, baik dari sisi eksterior maupun interior. Front bumper yang lebih sporty, side skir, serta bumper belakang menjadi andalan Honda untuk mengubah tampilan menjadi lebih sporty. 

Sementara itu, untuk sektor mesin, tidak ada perubahan yang begitu signifikan. Mesin yang digunakan tetap sama dengan model standar lainnya.

Dalam Honda Sport Grade Direction, selain varian RS juga dikenal beberapa varian lain seperti Si (Sport Injection) yang merupakan all around sport dengan performa sporty dan Type R yang mengusung konsep sport secara sungguhan karena memiliki performa racing yang sudah teruji di lintasan balap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper