Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perusahaan China Baidu Diizinkan Uji Mobil Otonom di AS

Raksasa penelusuran dari Negeri Tirai Bambu ini adalah perusahaan keenam yang menerima izin pengujian otonom penuh dari Departemen Kendaraan Bermotor salah satu negara bagian AS.
Apollo Minibus, kendaraan otonom yang dikembangkan dari teknologi Baidu, untuk angkutan perkotaan./Antara/Baidu
Apollo Minibus, kendaraan otonom yang dikembangkan dari teknologi Baidu, untuk angkutan perkotaan./Antara/Baidu

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah hubungan dagang China dan Amerika Serikat yang masih dalam masa peralihan, Baidu mendapat izin menguji kendaraan otonomnya di wilayah negara tersebut.

Baidu mendapatkan lampu hijau untuk menguji kendaraan otonom/swakemudi fully autonomous vehicles di jalan umum di California, Amerika Serikat.

Raksasa penelusuran dari Negeri Tirai Bambu ini adalah perusahaan keenam yang menerima izin pengujian otonom penuh dari Departemen Kendaraan Bermotor negara bagian (Department of Motor Vehicles), menurut laporan dari The Verge, dikutip Antara, Minggu (31/1/2021).

Lima perusahaan lainnya yang disetujui menguji mobil self-driving di sana adalah Cruise, Waymo, Nuro, Zoox, dan AutoX.

Saat ini, terdapat 60 perusahaan yang memiliki izin aktif untuk menguji kendaraan otonom dengan pengemudi (safety driver) di California.

Baidu, yang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun mengerjakan teknologi swakemudi, adalah perusahaan China terkemuka di bidang kendaraan otonom.

September lalu, perusahaan mendemonstrasikan kendaraan level 4 sepenuhnya otonom di konferensi pengembangnya, Baidu World.

Pada Desember, Baidu menerima lisensi pertama untuk menguji kendaraan otonom penuh di jalan umum di China.

Kota Beijing memberikan izin kepada perusahaan untuk menguji lima kendaraan Apollo yang dapat dikemudikan secara otonom, yang dipasang Lincoln MKZs dan Chrysler Pacificas.

Meskipun Baidu telah mendapat izin dari regulator California untuk menguji kendaraan otonom dengan pengemudi keselamatan sejak 2016, izin baru memungkinkan perusahaan menguji tiga kendaraan otonom tanpa pengemudi di belakang kemudi di jalan-jalan tertentu di dalam Sunnyvale, yang terletak di Santa Clara County.

Kendaraan tersebut hanya diperbolehkan berada di jalan raya dengan batas kecepatan 45 mph, dan dapat beroperasi siang maupun malam namun tidak pada saat cuaca buruk seperti kabut atau hujan.

Perusahaan yang menerima izin tanpa pengemudi ini harus memberikan bukti asuransi atau jaminan senilai 5 juta dolar AS dan mengikuti beberapa aturan lain, seperti melatih operator jarak jauh tentang teknologi.

Baidu baru-baru ini mengumumkan rencananya untuk membuat kendaraan listrik dengan bantuan dari Geely, produsen mobil swasta terbesar di China dan perusahaan induk Volvo.

Secara khusus, Baidu dan Geely sedang dalam pembicaraan untuk menggunakan platform kendaraan listrik skalabel yang terakhir diumumkan akhir tahun lalu. Baidu akan memiliki mayoritas saham di perusahaan baru dan karena itu akan mengontrol arahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper