Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Geely Gandeng Tencent Bangun Kokpit Mobil Pintar

Zhejiang Geely menggandeng Tencent Holdings Ltd untuk mengembangkan kokpit kendaraan pintar dan otonom. Sebelumnya, Geely telah menjalin kolaborasi dengan Baidu Inc, dan kerja sama dengan Foxconn.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 21 Januari 2021  |  08:44 WIB
Di masa lalu, mobil hanya dianggap sebagai alat transportasi, tetapi kini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di mobil, jadi untuk meningkatkan kehidupan dan pengalaman berkendara mereka, Geely telah mengembangkan merek teknologi iNTEC.  - Geely\\r\\n
Di masa lalu, mobil hanya dianggap sebagai alat transportasi, tetapi kini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di mobil, jadi untuk meningkatkan kehidupan dan pengalaman berkendara mereka, Geely telah mengembangkan merek teknologi iNTEC. - Geely\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Zhejiang Geely menggandeng Tencent Holdings Ltd untuk mengembangkan kokpit kendaraan pintar dan otonom. Sebelumnya, Geely telah menjalin kolaborasi dengan Baidu Inc, dan kerja sama dengan Foxconn.

Zhejiang Geely Holding Group China yang memiliki saham di Volvo Cars dan Daimler mengatakan telah menandatangani perjanjian dengan Tencent Holdings Ltd untuk mengembangkan kokpit kendaraan pintar dan otonom.

"Dalam kemitraan terbaru di sektor yang berkembang pesat, perusahaan akan bersama-sama mengembangkan kokpit mobil pintar untuk memiliki lebih banyak aplikasi layanan seluler dan mobilitas, dan mengeksplorasi pengujian mengemudi otonom," kata Geely dalam pernyataan yang dikutip Antara dari Reuters, Rabu (21/1/2021).

Kemitraan kedua perusahaan tersebut merupakan kerja sama yang ketiga bagi Geely, yang berbasis di Hangzhou, dengan perusahaan teknologi.

Sebelumnya Geely dan Baidu Inc. telah bersepakat untuk mendirikan perusahaan smart electric vehicle (EV), Senin (11/1/2021). Geely juga menggandeng menyediakan kontrak manufaktur bagi pembuat mobil, Rabu (13/1/2021).

Baidu, yang telah mengembangkan teknologi mengemudi otonom dan infrastruktur konektivitas internet, mengatakan perusahaan EV baru akan mengandalkan kemampuan mengemudi cerdas Baidu dan keahlian manufaktur mobil Geely.

Geely juga akan menjadi investor strategis di perusahaan baru, yang akan menjadi anak perusahaan independen Baidu, kata Baidu dalam pernyataannya.

"Di Baidu, kami telah lama percaya pada masa depan mengemudi cerdas dan selama dekade terakhir telah banyak berinvestasi dalam AI untuk membangun portofolio layanan mengemudi sendiri kelas dunia," kata Robin Li, Co-founder dan CEO Baidu.

Foxconn Taiwan juga akan menjadi partner bagi Zhejiang Geely Holding Group. Mereka akan bergandengan tangan untuk memberikan kontrak manufaktur bagi pembuat mobil.

Mereka masing-masing akan memegang 50% dari usaha yang juga akan memberikan layanan konsultasi tentang teknologi kendaraan listrik (EV) kepada pembuat mobil, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Ini menandai langkah terbaru Foxconn, pemasok utama Apple Inc, ke dalam mobil setelah kerja sama dengan startup mobil listrik China, Byton, dan muncul di tengah laporan bahwa Apple kemungkinan akan meluncurkan mobil listrik otonom pada 2024.

Bagi Geely, kemitraan ini akan memungkinkannya untuk berbagi platform pertama yang berfokus pada EV, yang diluncurkan pada September, dengan pembuat mobil lain, menurut orang-orang yang mengetahui rencana Geely.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Geely Holding Mobil Pintar
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top