Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Tips Lulus Ujian SIM C, Biar Tidak Bolak Balik ke Samsat

Ujian praktik SIM C sering membuat seseorang berulang kali datang ke kantor Samsat.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 29 Januari 2021  |  19:42 WIB
Aplikasi Samsat Online Nasional  -  Google Playstore
Aplikasi Samsat Online Nasional - Google Playstore

Bisnis.com, JAKARTA -- Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah hal yang wajib dimiliki semua pengendara kendaraan bermotor roda dua. Tanpa surat ini pengendara motor dianggap belum layak untuk berkendara di jalan raya. Jika nekat berkendara tanpanya, siap-siap mendapatkan surat tilang yang harus ditebus di pengadilan dengan sejumlah uang yang tidak sedikit. 

Adapun cara mengurus SIM C sangat mudah, biayanya pun tergolong murah. Dengan demikian tidak ada alasan untuk menggunakan jasa calo.

Hal yang biasanya menjadi momok dalam membuat SIM adalah ujian teori dan praktik. Terkait ujian teori sebenarnya dapat dengan mudah mencari kisi-kisi yang tersebar di internet. 

Ujian praktik SIM C sering membuat seseorang berulang kali datang ke kantor Samsat. Selain memiliki kemampuan mengendarai sepeda motor, mengutip situs Wahana Honda, Jumat (29/1/2020), ada beberapa tips agar lolos ujian praktik SIM C.

1. Yang penting yakin 
Rasa ragu akan membuat peluang berhasil mengecil. Pada intinya selama Anda memiliki kemampuan mengendai sepeda motor dengan baik, ujian praktik SIM C seharusnya bisa dilalui dengan baik.

2. Ketahui jenis rintangan dan teknik dasar untuk melaluinya 
Ada berbagai jenis rintangan pada ujian praktek SIM C, di antaranya jalur zig-zag, jalur angka delapan, tes reaksi menghindar dan yang terakhir adalah letter U. Tiap rintangan punya trik sendiri untuk melaluinya.

Tidak ada salahnya meminta waktu kepada polisi untuk membiasakan diri dengan motor yang disediakan dalam tes praktik. Beberapa kantor Samsat memperbolehkan menggunakan motor sendiri.

Sebagai bahan latihan di rumah, begini tips mengatasi jalur-jalur tersebut:

• Zig-zag 
Cara mengendarai motor di jalur zig-zag terbilang mudah, pasalnya di jalur ini Anda hanya dituntut untuk luwes dalam melakukan manuver. Bahu dan badan yang luwes akan membantumu melewati rintangan ini. Menjaga putaran gas tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil juga diperlukan agar motor tetap seimbang. 

Apabila Anda menggunakan motor bebek, gunakan gigi 2 untuk berjalan. Jangan pernah menaikan atau menurunkan gigi selama melewati rintangan. 

Kalau menggunakan motor matic, putas gas perlahan dan jaga kestabilan akselerasi. Ingat tidak ada batas waktu dalam tes ini, jadi tidak perlu memacu kendaraan dengan cepat. 

• Angka 8 
Rute angka 8 selalu jadi momok di ujian SIM. Sebagian besar peserta gugur di lintasan ini. Jika sekilas kita lihat memang sepertinya susah. 

Selain butuh keluwesan dalam melakukan manuver, Anda juga harus melakukan trik counter steering di jalur ini. Couter sterring adalah memosisikan duduk di kiri ketika akan berbelok ke kanan, dan duduk di sebelah kanan ketika berbelok ke kiri. Hanya cukup menggeser tempat duduk sedikit berlawanan dengan arah belok dan Anda akan lebih mudah untuk melewati jalur ini.  

• Reaksi Menghindar 
Ini jauh lebih mudah daripada rute angka 8. Anda hanya perlu fokus dan berkendara dengan kecepatan stabil.

• U turn 
Rute ketter U akan sangat mudah dilalui jika Anda sudah bisa melalui jalur zig–zag dan angka 8. Teknik counter steering dapat digunakan untuk melalui tes ini. 

3. Latihan
Akan percuma membaca tisp ini tanpa disertai dengan latihan. Dengan berlatih Anda akan membiasakan diri dengan rintangan dalam ujian praktik. Sama halnya dengan belajar membawa sepeda motor pertama kali, seiring dengan waktu Anda akan terbiasa. Latihan juga akan membantu Anda lebih mudah untuk fokus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sim polantas Samsat
Editor : Muhammad Khadafi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top