Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berteknologi Pesawat, Fin Komodo KD 250X Sabet Penghargaan IGDS 2020

PT Fin Komodo melalui desain KD 250X berhasil memenangkan kompetisi desain produk melalui ajang Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian.
Ibnu Susilo, Designer and Founder Fin Komodo KD 250 X, menerima piagam penghargaan Grand Award IGDS 2020 untuk kategori Design Product./Fin Komodo
Ibnu Susilo, Designer and Founder Fin Komodo KD 250 X, menerima piagam penghargaan Grand Award IGDS 2020 untuk kategori Design Product./Fin Komodo

Bisnis.com, JAKARTA — PT Fin Komodo melalui desain KD 250X berhasil memenangkan kompetisi desain produk melalui ajang Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian.

Fin Komodo merupakan kendaraan roda empat yang dirancang khusus untuk melintasi medan terjal, namun didesain dengan kenyamanan bak mobil sedan.

Sejak 2018, PT Fin Komodo telah memproduksi delapan mobil multiguna Fin Komodo di pabriknya di Cimahi, Jawa Barat, untuk pengguna dalam dan luar negeri.

Mobil ini sengaja diciptakan dengan menggabungkan teknologi pesawat terbang dan kendaraan darat sehingga suspensinya terasa lentur, ringan, dan lincah.

Bobot mobil yang sekilas mirip Jeep terbuka ini hanya 420 kilogram. Penggunaannya pun dinilai cukup mudah, begitu pula perawatannya.

Dibandingkan mobil outdoor lainnya, harga Fin Komodo cukup kompetitif. Per unitnya dibanderol hanya Rp110 juta. Fin Komodo sudah banyak dicoba oleh para penggemar olah raga off road. Selain itu, kendaraan ini diharapkan bisa digunakan sebagai kendaraan penghubung wilayah pedesaan atau di daerah terpencil.

Pengamat Desain Otomotif Rudi Budiman, sekaligus Juri IGDS 2020, menilai Fin Komodo mampu menjadi tonggak desain kendaraan multiguna di Tanah Air. Kehadirannya menjawab semua kebutuhan area rural dan sangat berpotensi untuk pengembangan desiain yang lebih spesifik.

Selain untuk mobilitas masyarakat, Fin Komodo dinilai dapat digunakan untuk kendaraan TNI dalam upaya menjaga wilayah perbatasan. Para penjaga hutan pun dapat memanfaatkan mobil ini untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan lantaran karena Fin Komodo mampu menjelajah kubangan dan tanah terjal dengan performa yang baik.

“Mobil ini juga bisa dipakai untuk evakuasi, penunjang kegiatan pertanian, pertambangan, perkebunan, dan kegiatan lain yang tidak dapat dijangkau kendaraan konvensional,” kata Rudi melalui siaran pers, Rabu (21/1/2021).

Dengan beragam keunggulan itu, Fin Komodo berhasil mengantongi penghargaan tertinggi IGDS 2020. Ajang yang telah dimulai sejak 2001 ini merupakan wujud apresiasi Kemenperin kepada insan kreatif yang mampu menciptakan desain produk terbaik dan inovatif. Tujuannya agar produk tersebut mampu bersaing secara global.

Berikut Perincian Pemenang IGDS 2020.

Grand Award Kategori Design Product:
PT FIN Komodo Teknologi (Ibnu Susilo)

Best Three Kategori Design Product:
1. PT Line Soda Kreasindo (Lucky Akbar Raditya)
2. Sepatu Kimin (M. Hamsyah Pramana)
3. PT Matahari (Santi Alexius dan Hendri Teja)

People Choice:
Eboni Watch (Afidha Fajar Aditya)

Grand Award Kategori Design Concept:
PT Luas Inovasi (Fauzi dan Hari Pramuja)

Best Three Kategori Design Concept:
1. PT Balagi Ratan (Andriano Sumartama)
2. PT Eagarindo MP (Oki Lutfi Nurdin)
3. Mohammad Amsal Hilmy Abbiyu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper