Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tren Penjualan Mobil Listrik Toyota 2020 Menanjak

Penjualan lini model kendaraan listrik dari Toyota diklaim mengalami pertumbuhan sejak pertama kali diperkenalkan hingga Desember 2020.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 19 Januari 2021  |  18:20 WIB
Toyota CH-R Hybrid.  - TOYOTA
Toyota CH-R Hybrid. - TOYOTA

Bisnis.com, JAKARTA – Penjualan lini model kendaraan listrik dari Toyota diklaim mengalami pertumbuhan sejak pertama kali diperkenalkan hingga Desember 2020.

Menurut data Toyota Astra Motor, Selasa (19/1/2021), perusahaan memiliki 10 lini model kendaraan elektrifikasi yang terdiri atas 8 hybrid electric vehicle (HEV), 1 plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), dan 1 battery electric vehicle (BEV).

Secara total, sejak awal diperkenalkan hingga Desember 2020, PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil membukukan penjualan ritel kendaraan elektrifikasinya lebih dari 3.400 unit.

Tren kendaraan elektrifikasi TAM tiap tahunnya juga diklaim terus meningkat. Pada 2009, rerata penjualan ritel elektrifikasi Toyota adalah dua unit per bulan. Kinerja itu meningkat hingga 15 unit per bulan pada 2015 dan 2020 menjadi rata-rata 86 unit per bulan.

“Kami melihat pelanggan semakin memahami pentingnya kehadiran kendaraan elektrifikasi sebagai salah satu pilihan sarana mobilitas,” ujar Henry Tanoto, Vice President Director TAM.

Dia menambahkan bahwa TAM akan berkomitmen menghadirkan teknologi elektrifikasi sesuai kebutuhan pelanggan, mulai dari HEV, PHEV, dan BEV.

“Kami juga membangun ekosistem agar lebih banyak lagi masyarakat yang dapat merasakan pengalaman bermobilitas dengan kendaraan elektrifikasi,” kata Henry.

Toyota saat ini sedang menjajaki kerja sama dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua untuk mempersiapkan dan membangun konsep kendaraan listrik ekowisata di Bali.

Melalui kerja sama tersebut, Toyota akan menyediakan layanan mobilitas terintegrasi bagi semua masyarakat dan turis, yang ingin mencoba menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai di Bali.

Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy menuturkan kerja sama itu dilakukan agar masyarakat dapat mencoba kendaraan listrik dan semakin terbiasa menggunakan kendaraan berbasis teknologi BEV.

Selain itu, Toyota juga secara masif memperkenalkan model kendaraan listriknya di Indonesia. Awal 2020, TAM menghadirkan teknologi elektrifikasi PHEV bekerja sama dengan perusahaan taksi daring dengan menggunakan Toyota Prius PHEV.

Perusahaan turut menghadirkan tambahan pilihan kendaraan HEV dengan harga yang lebih kompetitif dengan menghadirkan Corolla Cross HEV. Menutup tahun 2020, TAM akhirnya menghadirkan teknologi BEV melalui Lexus UX300e.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Toyota Astra Motor
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top