Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengenal Toyota Coms yang Siap Mengaspal di Bali Tahun Depan

Toyota Astra Motor belum lama ini mengumumkan kerja sama dengan ITDC Nusa Dua, Bali dalam pengembangan konsep kendaraan listrik Ecotourism mulai tahun depan.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 24 November 2020  |  13:12 WIB
Toyota Coms digerakkan oleh motor listrik tunggal yang terletak di roda belakang.  - Toyota
Toyota Coms digerakkan oleh motor listrik tunggal yang terletak di roda belakang. - Toyota

Bisnis.com, JAKARTA – Toyota Astra Motor belum lama ini mengumumkan kerja sama dengan ITDC Nusa Dua, Bali dalam pengembangan konsep kendaraan listrik Ecotourism mulai tahun depan.

Bali menjadi kota ketiga, setelah sebelumnya Toyota juga membangun konsep tersebut di Okinawa, Jepang dan Bangkok, Thailand.

Melalui kerja sama tersebut, Toyota akan menyediakan layanan mobilitas terintegrasi bagi semua masyarakat dan turis di Bali, yang ingin mencoba menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai (BEV).

Marketing Director PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy dalam presentasinya beberapa waktu lalu menuturkan bahwa Toyota Coms akan menjadi mobil listrik yang akan digunakan.

Bentuk Toyota Coms sekilas mirip Toyota i-Road. Model ini sebelumnya pernah di pamerkan di Indonesia. Namun, i-Roads hanya menggunakan tiga roda, sementara Coms dibekali empat roda.

Toyota Coms dirancang oleh Toyota Auto Body sebagai alat transportasi dengan jarak terbatas dan pada kawasan tertentu. Hal ini terlihat dari kemampuan jelajah Coms yang mencapai sekitar 50 kilometer dalam sekali pengisian daya.

Coms digerakkan oleh motor listrik tunggal yang terletak di roda belakang. Motor listrik ini mampu menghasilkan daya 6,8 ps dan torsi maksimum 40 Nm. Mobil listrik mungil ini dapat melaju hingga 60 km per jam, dengan beban bagasi 30 kg.

Menurut situs resmi toyota-body.co.jp, biaya setrum baterai Coms hingga penuh mencapai 120 yen atau setara Rp16.421, atau rata-rata 2,4 yen per kilometer.

Di Jepang, tarif listrik adalah 23 yen setara Rp410 per kWh. Baterai Toyota Coms dapat diisi ulang dengan waktu 6 sampai dengan 7 jam hingga penuh.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik toyota
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top