Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luncurkan 6 Model Baru, Ini Kinerja Penjualan Lamborghini 2020

Automobili Lamborghini mencatatkan penjualan global 2020 sebanyak 7.430 unit, atau turun hanya 9 persen dibandingkan dengan capaian pada tahun sebelumnya. Sebanyak enam peluncuran produk baru dilakukan sepanjang tahun pandemi.
Desember ditandai dengan pergantian kepemimpinan. Per 1 Desember 2020, Stephan Winkelmann menjadi Presiden dan CEO baru, menggantikan Stefano Domenicali dengan tetap mempertahankan kepresidenan Bugatti. /LAMBORGHINI
Desember ditandai dengan pergantian kepemimpinan. Per 1 Desember 2020, Stephan Winkelmann menjadi Presiden dan CEO baru, menggantikan Stefano Domenicali dengan tetap mempertahankan kepresidenan Bugatti. /LAMBORGHINI

Bisnis.com, JAKARTA - Automobili Lamborghini mencatatkan penjualan global 2020 sebanyak 7.430 unit, atau turun hanya 9 persen dibandingkan dengan capaian pada tahun sebelumnya. Sebanyak enam peluncuran produk baru dilakukan sepanjang tahun pandemi.

Stephan Winkelmann, Presiden dan CEO Automobili Lamborghini, mengatakan hasil pada 2020 adalah demonstrasi dari pekerjaan luar biasa yang, terlepas dari kesulitan tantangan global selama setahun, dilakukan oleh seluruh tim Lamborghini dengan dedikasi dan semangat luar biasa.

"Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk kembali menjadi bagian dari masa depan kita: rasa kebersamaan yang dirasakan begitu kuat selama setahun terakhir," katanya seperti dikutip dalam keterangan pers Lamborghini, Selasa (19/1/2021).

Penurunan penjualan sepanjang 2020 tidak terlepas dari penghentian produksi selama 70 hari di musim semi, sesuai dengan arahan pemerintah Italia dan untuk melindungi kesehatan pekerja selama fase darurat pertama.

Sebaliknya, enam bulan kedua mencatat rekor penjualan, menghasilkan setengah tahun kedua terbaik untuk pengiriman ke pelanggan dalam sejarah perusahaan.

SUV Urus, yang tahun lalu mencatat rekor produksi 10.000 unit, adalah model paling sukses dengan pengiriman 4.391 mobil. Kedua lini mobil sport super memberikan kontribusi yang signifikan terhadap volume global: V10 Huracan mencatat angka pertumbuhan dengan 2.193 mobil terjual (+ 3%), di samping 846 unit V12 Aventador dikirim ke seluruh dunia.

Negara dengan Penjualan Lamborghini Terbanyak
- Amerika Serikat 2.224
- Jerman (607)
- China daratan, Hong Kong dan Makau (604)
- Jepang (600)
- Inggris (517)
- Italia (347)

Negara dengan Pertumbuah Penjualan Lamborghini Tercepat
- Korea Selatan (303 unit, + 75%)
- Jerman (607 unit, + 8%)

PELUNCURAN MODEL BARU

Terlepas dari masa darurat Covid-19 yang menyebabkan Lamborghini menghentikan produksi 70 hari dari Maret hingga Mei, Lamborghini menyadari program berkelanjutan peluncuran produk baru. Sebanyak enam model diluncurkan dalam rentang waktu 12 bulan.

Pada Januari versi coupé dari Penggerak Roda Belakang (RWD) Huracán EVO yang baru diperkenalkan.

Pada Mei, Lamborghini menjadi merek otomotif pertama yang menggunakan augmented reality untuk debut Huracan EVO RWD Spyder, versi terbuka dari model V10 penggerak roda belakang. '

Pada Juli, Lamborghini membawa mobil terbuka lainnya, tetapi dalam seri sangat terbatas 19 unit: Sián Roadster, Lamborghini udara terbuka pertama yang menampilkan teknologi hibrida inovatif berdasarkan mesin V12 ikon perusahaan.

Berikutnya adalah Essenza SCV12, hypercar khusus trek dalam edisi terbatas 40, direkayasa oleh Lamborghini Squadra Corse dan dirancang oleh Lamborghini Centro Stile; dan Huracán STO - Super Trofeo Omologata - terinspirasi oleh mobil balap Huracan Super Trofeo EVO dan GT3 EVO dan dihomologasi untuk digunakan di jalan raya.

Akhirnya, pada akhir tahun, SC20 diluncurkan. Spesimen unik tipe mobil trek terbuka yang disetujui untuk digunakan di jalan raya, atap terbuka pertama yang dikembangkan oleh departemen motorsport Lamborghini dan dirancang oleh Centro Stile berikut keinginan pelanggan, yang terlibat dalam proyek langsung dari gambar pertama oleh desainer Lamborghini.

Peristiwa penting lainnya termasuk tonggak produksi yang signifikan (10.000 unit Urus dan 10.000 Aventador); penawaran opsi penyesuaian baru dengan pengenalan warna Ad Personam lebih lanjut untuk Urus dan Huracan; dan presentasi Aventador S khusus yang dirancang oleh desainer Jepang Yohji Yamamoto pada peresmian Lamborghini Lounge baru di Tokyo.

Desember ditandai dengan pergantian kepemimpinan. Per 1 Desember 2020, Stephan Winkelmann menjadi Presiden dan CEO baru, menggantikan Stefano Domenicali dengan tetap mempertahankan kepresidenan Bugatti.

Tahun 2021 dimulai dengan awal yang positif dengan portofolio pesanan yang kuat: begitu banyak sehingga lebih dari setengah produksi yang direncanakan pada 2021 telah ditetapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper