Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta Unik Soal Mobil, dari Asal Usul hingga Tilang Pertama

Mobil memiliki sejarah panjang hingga akhirnya memiliki bentuk dan spesifikasi mesin seperti yang kita kenal saat ini.
Ilustrasi proses pembuatan mobil. /Antara
Ilustrasi proses pembuatan mobil. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Mungkin banyak yang tidak tahu kalau kata mobil merupakan kependekan dari automobil yang berasal dari bahasa Yunani yaitu "autos" yang berarti sendiri dan bahasa latin "movere" yang artinya bergerak.

Mobil memiliki sejarah panjang hingga akhirnya memiliki bentuk dan spesifikasi mesin seperti yang kita kenal saat ini. Rasanya sudah sulit membayangkan generasi pertama mobil yang digerakan oleh mesin uap dan hanya memiliki kecepatan 20 kilometer per jam.

Manusia baru mengenal mobil berbahan bakar bensin pada 1886. Sejarah mencatat mobil di dunia yang pertama kali menggunakan bensin bernama Carl Benz.

Namun pada waktu yang hampir bersamaan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Sttugart juga ikut mengembangkan mobil di dunia dengan bahan bakar bensin ini pada waktu yang hampir bersamaan.

Apabila Anda mengikuti sejarah otomotif, mungkin sudah tidak asing dengan tiga nama tersebut. Mereka adalah cikal bakal Daimler AG, perusahaan otomotif asal Jerman yang memproduksi Mercedes-Benz.

Kemudian bisnis pabrikan mobil menjadi semakin seksi pada 1910. Kala itu Henry Ford menjadi tokohnya.

Adapun selain sejarah mengenai mobil tersebut, Bisnis.com merangkum sejumlah fakta yang mungkin tidak ada di dalam buku sejarah otomotif dari berbagai sumber:

1. Tilang pertama
Tilang pertama karena melebihi batas kecepatan terjadi pada 1902. Uniknya, kala itu pengendara hanya memacu mobil pada kecepatan sekitar 72 kilometer per jam.

2. Total produksi mobil di dunia
Pada 2015, diperkirakan total produksi mobil di dunia mencapai 165.000 unit per hari. Artinya dalam setiap jam ada 6.875 mobil diproduksi dan 115 unit dalam setiap menit.

3. Waktu berkendara ke bulan
Apabila ada jalan lurus menuju bulan, maka dengan kecepatan rata-rata sekitar 90-100 kilometer per jam, Anda bisa sampai ke bulan dalam waktu kurang dari sebulan.

4. Jumlah suku cadang
Setiap satu unit mobil melibatkan rantai produksi yang panjang. Tidak heran dalam satu unit mobil, rata-rata memiliki 30.000 suku cadang. Apakah pernah terbayang harus menggantinya sekaligus?

5. Kecelakaan mobil pertama
Kecelakaan mobil pertama terjadi pada tahun 1891. Hal ini kemudian mendorong berbagai fitur keselaman yang lebih baik bagi pengemudi.

6. Mesin Pembunuh di Jalanan
Secara global, kemungkinan meninggal dalam kecelakaan mobil adalah sekitar 1 banding 5.000. Apabila dibandingkan dengan kemungkinan meninggal dalam kecelakaan pesawat, yakni 1 banding 11 juta, berkendara mobil terlihat seperti olahraga ekstrem.

7. Penemu cruise control tuna netra
Dia bernama Ralph Teetor dan terinspirasi menciptakan cruise control oleh pengacaranya.

8. Jarak tempuh tertinggi
Jarak tempuh tertinggi yang dicapai oleh satu mobil adalah hampir 5 juta kilometer atau setara mengelilingi bumi 100 kali. Mobil tersebut adalah Volvo 1800S.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper