Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prabowo Serahkan 40 Unit Maung Pindad ke TNI

Sebanyak 40 unit kendaraan ringan taktis, Maung buatan PT Pindad (Persero) diserahkan oleh Menteri Pertahanan Prabowo kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Andika Perkasa, Rabu (13/1/2021), saat Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan di Jakarta.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 15 Januari 2021  |  19:08 WIB
Kementerian Pertahanan akan terus mendukung upaya peningkatan produksi alutsista dalam negeri, serta mendukung program penelitian dan pengembangan agar nantinya seluruh hasil produksi nasional dapat mandiri secara utuh.  - Kementerian BUMN
Kementerian Pertahanan akan terus mendukung upaya peningkatan produksi alutsista dalam negeri, serta mendukung program penelitian dan pengembangan agar nantinya seluruh hasil produksi nasional dapat mandiri secara utuh. - Kementerian BUMN

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 40 unit kendaraan ringan taktis, Maung buatan PT Pindad (Persero) diserahkan oleh Menteri Pertahanan Prabowo kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Andika Perkasa, Rabu (13/1/2021), saat Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan di Jakarta.

Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengungkapkan rasa bangga dan menyampaikan apresiasi atas kepercayaan Kementerian Pertahanan menggunakan produk dalam negeri untuk mendukung TNI.

"Terimakasih atas kepercayaan Kemhan terhadap Pindad, kami bangga pada hari ini dilakukan acara penyerahan simbolis Maung dari Menteri Pertahanan kepada Kasad untuk mendukung tugas pokok TNI," ujar Abraham dalam siaran pers, Jumat (15/1/2021).

Total pesanan Maung tahap pertama dari Kementerian Pertahanan, yaitu sebanyak 500 unit dan akan diselesaikan secara bertahap.

Maung didesain memiliki kemampuan manuver yang gesit dan andal untuk mendukung mobilitas penggunanya di berbagai medan operasi. Juga dirancang untuk memiliki kemampuan modular yang difungsikan menjadi berbagai varian operasi.

Laiknya sport utility vehicle (SUV), Maung mampu mengangkut empat personel dengan kelengkapan dudukan senjata kaliber 7,62 mm dan konsol senapan serbu SS2-V4 kaliber 5,56 mm.

Maung memiliki panjang 4.931 mm, lebar 1.640 mm, dan tinggi 1.810 mm, dengan wheelbase 3.090 mm. Bobot rantis 4WD ini mencapai 2 ton.

Kendaraan ini dilengkapi mesin diesel turbo 2.494 cc 2GD-FTV buatan Toyota digunakan untuk sumber tenaga penggerak via transmisi manual enam percepatan. Mesin yang menghasilkan 149 hp dan torsi 400 Nm ini juga digunakan pada Toyota Hilux.

Kementerian Pertahanan akan terus mendukung upaya peningkatan produksi alutsista dalam negeri, serta mendukung program penelitian dan pengembangan agar nantinya seluruh hasil produksi nasional dapat mandiri secara utuh.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

alutsista kendaraan militer
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top