Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kia Motors Pacu Pengembangan Platform Baru Kendaraan Tempur

Kia Motors Corporation hari ini mengungkapkan rencananya untuk pengembangan platform standar baru untuk kendaraan militer generasi mendatang, memperkuat kemampuan perusahaan dalam proyek militer di masa depan.
Kendaraan standar akan dilengkapi dengan berbagai teknologi komersial terbaru, termasuk mesin diesel 7.0 liter torsi tinggi dan sistem transmisi otomatis, ABS dan Anti-Spin Regulator (ASR), Rear Parking Assist, Around View Monitor, navigasi satelit dan kursi kawat panas. /KIA Motors
Kendaraan standar akan dilengkapi dengan berbagai teknologi komersial terbaru, termasuk mesin diesel 7.0 liter torsi tinggi dan sistem transmisi otomatis, ABS dan Anti-Spin Regulator (ASR), Rear Parking Assist, Around View Monitor, navigasi satelit dan kursi kawat panas. /KIA Motors

Bisnis.com, JAKARTA - Kia Motors Corporation hari ini mengungkapkan rencananya untuk pengembangan platform standar baru untuk kendaraan militer generasi mendatang, memperkuat kemampuan perusahaan dalam proyek militer di masa depan.

"Kia Motors berencana mulai memproduksi prototipe kendaraan standar ukuran sedang dalam tahun ini dan mengikuti evaluasi pengujian pemerintah Korea pada 2021. Sasaran perusahaan adalah penyebaran militer mulai 2024, mengikuti standardisasi dan uji produksi awal," seperti dikutip dari keterangan pers Kia Motors, Jumat (30/10/2020).

Proyek pengembangan kendaraan standar berukuran sedang ini merupakan hasil investasi bersama antara militer Korea dan Kia Motors. Program skala besar akan melihat penggantian kendaraan standar militer seberat 2,5 ton dan 5 ton yang saat ini beroperasi, dan pengembangan kendaraan antipeluru 5 ton baru.

Kendaraan standar akan dilengkapi dengan berbagai teknologi komersial terbaru, termasuk mesin diesel 7.0 liter torsi tinggi dan sistem transmisi otomatis, ABS dan anti-spin regulator (ASR), rear parking assist, around view monitor, navigasi satelit dan kursi kawat panas.

Pendekatan modular Kia untuk mengembangkan kendaraan baru di platform akan memungkinkan pengembangan turunan lainnya di masa depan, seperti kendaraan yang dilengkapi dengan berbagai sistem senjata, dan yang dirancang dengan spesifikasi dan teknologi yang lebih khusus.

Perusahaan telah mengembangkan ringkasan konseptual untuk kendaraan semua medan militer (ATV) barunya dan berencana untuk memperkenalkan prototipe awal tahun depan. ATV yang dikembangkan tidak hanya akan digunakan untuk keperluan militer, tetapi juga akan digunakan di berbagai bidang, seperti sektor industri dan rekreasi, menggunakan sasis telanjang dari SUV Kia Mohave yang kokoh.

Kia akan terus mengembangkan reputasinya sebagai merek SUV dengan menerapkan teknologi dan pengetahuan dari pengembangan kendaraan militer untuk meningkatkan daya tahan SUV yang digunakan di jalan raya.

Untuk berkontribusi pada pengembangan sistem tempur masa depan militer, Kia juga aktif melakukan R&D canggih, menggabungkan teknologi otomotif terkini dengan kendaraan militer. Perusahaan sedang mengembangkan teknologi penggerak otonom untuk kendaraan militer yang dapat membantu pengiriman pasokan.

Selain itu, Kia sedang menjajaki potensi teknologi sel bahan bakar hidrogen di berbagai aplikasi militer, termasuk kendaraan sel bahan bakar dan pembangkit listrik darurat. Teknologi sel bahan bakar dianggap cocok untuk kendaraan militer masa depan karena dapat memasok listrik dalam jumlah besar di lingkungan pertempuran.

Kia Motors telah memproduksi berbagai kendaraan untuk militer Korea dan luar negeri, termasuk kendaraan seberat 0,25, 1,25, 2,5 dan 5 ton. Hingga saat ini, Kia telah memasok sembilan jenis model dan 100 turunannya, serta memproduksi total 140.000 kendaraan militer.

Perusahaan memproduksi kapal induk semua medan BV206. Dan pada tahun 2001, ia mengembangkan kendaraan penyelamat seberat 15 ton dan traktor pengangkut alat berat, membangun sistem produksi line-up lengkap untuk kendaraan militer mulai dari segmen kecil hingga besar.

Kia juga menciptakan kendaraan taktis multiguna pertama Korea, kendaraan taktis ringan menggantikan kendaraan seberat 0,25 ton dan 1,25 ton yang ada. Kendaraan itu dilengkapi dengan mesin yang kuat, transmisi otomatis, dan sistem rem dari Kia Mohave, dan juga mengadopsi teknologi komersial terbaru dan spesifikasi khusus militer, termasuk sistem penggerak empat roda elektronik.

Kekuatan Kia berasal dari pengalamannya mengembangkan kendaraan di berbagai segmen, dan masa depan Kia didasarkan pada sejumlah pilar bisnis, termasuk pengembangan logistik dan Purpose-Built Vehicle (PBV) berbasis waktu luang.

Di awal 2020, Kia mengumumkan strategi jangka menengah dan panjang Plan S, yang mencakup berbagai aktivitas bisnis, termasuk pengembangan PBV. Rencana Kia untuk pengembangan PBV didasarkan pada produksi kendaraan spesialis dalam jumlah kecil dengan daya tahan bodi yang sangat baik, mirip dengan cara pengembangan kendaraan militer. Keahlian Kia Motors dalam memproduksi kendaraan militer untuk melayani peran tertentu juga memberikan keunggulan kompetitif dalam bisnis PBV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper