Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi Hadir di India, Tesla Pasarkan Model 3

Produsen kendaraan listrik asal Amerika Serikat, Tesla mengambil langkah pertamanya di India dengan mendirikan kantor di Bengaluru, Karnataka.
Tesla Model 3. Pemesanan untuk mobil Tesla di India mulai dibuka pada Januari 2021. /Antara-Reuters
Tesla Model 3. Pemesanan untuk mobil Tesla di India mulai dibuka pada Januari 2021. /Antara-Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen kendaraan listrik asal Amerika Serikat, Tesla mengambil langkah pertamanya di India dengan mendirikan kantor di Bengaluru, Karnataka.

Dikutip dari Autocar India, Jumat (15/1/2021), informasi tersebut tertuang dalam dokumen Registration of Company (RoC) yang diakses oleh Autocar. Perusahaan itu terdaftar dengan nama Tesla Motors India & Energy Pvt Ltd.

Perusahaan tersebut bahkan telah menunjuk tiga direktur sebagai bagian dari tim di India, yakni Vaibhav Taneja, Venkatarangam Sreeram dan David Jon Feinstein. Pengumuman ini secara resmi menandai masuknya Tesla ke India di negara bagian Karnataka.

Mobil listrik pertama yang akan diluncurkan di India adalah Model 3, dengan harga mulai dari US$ 74.739 atau 5,5 juta rupee India. Pemesanan untuk mobil Tesla di India mulai dibuka pada Januari 2021.

Menyambut pengumuman tersebut, Menteri Karnataka, BS Yeddyurappa mencuit di akun Twitternya bahwa negara bagian ini akan memimpin perjalanan India menuju mobilitas hijau.

Dia juga menyebutkan bahwa produsen kendaraan listrik Tesla akan segera memulai operasinya di India dengan unit penelitian dan pengembangan di Bengaluru.

“Saya menyambut @elonmusk ke India & Karnataka dan mendoakan yang terbaik untuknya. @PMOIndia @nitin_gadkari @Tesla,” tulis cuit tersebut, yang tak berselang lama dihapus.

Langkah konkret dari Tesla untuk India terjadi pada lima tahun lalu setelah Perdana Menteri Narendra Modi mengunjungi pabrik Tesla Motors di San Jose dan bertemu Elon Musk.

Sekitar 10 bulan kemudian, Nitin Gadkari, Menteri Perhimpunan Transportasi Jalan, Jalan Raya dan Pengiriman, juga mengunjungi pabrik manufaktur Tesla dan mendesak perusahaan kendaraan listrik terbesar di dunia itu untuk menjadikan India sebagai pusat manufaktur.

Di sisi lain, negara bagian Karnataka, merupakan rumah bagi Mahindra Electric dan Aether Energy, dua pabrikan dinamis industri EV. Seperti diketahui, sejumlah negara bagian di India telah meluncurkan kebijakan ramah kendaraan listrik termasuk Delhi, Maharashtra, Andhra Pradesh, Tamil Nadu, Telangana, Chandigarh dan Kerala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper