Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Transisi Armada, Volvo Latih 750 Calon Sopir Bus Listrik

Transisi mobilitas terelektrifikasi tidak hanya membutuhkan armada listrik, tetapi juga perlu kesiapan para pengemudinya. Terlebih, penguasaan teknik mengemudi berdampak penting pada konsumsi energi bus listrik.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 02 Januari 2021  |  20:57 WIB
Pia Nilsson telah menjadi sopir bus selama 20 tahun dan berharap dapat mengendarai bus listrik.  - Volvo Bus
Pia Nilsson telah menjadi sopir bus selama 20 tahun dan berharap dapat mengendarai bus listrik. - Volvo Bus

Bisnis.com, JAKARTA - Transisi mobilitas terelektrifikasi tidak hanya membutuhkan armada listrik, tetapi juga perlu kesiapan para pengemudinya. Terlebih, penguasaan teknik mengemudi berdampak penting pada konsumsi energi bus listrik.

Di Gothenburg, Swedia, 750 pengemudi sedang mempersiapkan salah satu transisi terbesar ke transportasi umum elektrik di kawasan utara Eropa, menyusul beroperasinya 145 bus gandeng listrik Volvo 7900 di jalan-jalan kota terbesar kedua di Swedia sejak Ahad (13/12/2020).

Bus-bus baru ini akan menjadi perubahan besar bagi operasi Transdev di wilayah tersebut. Dalam semalam, hampir setengah dari armadanya menjadi kendaraan listrik.

“Ini sangat menarik dan pengemudi yang pernah mengemudikan bus listrik sebelumnya sangat positif. Berkat bus yang begitu tenang dan tidak bergetar, Anda tidak akan merasa lelah setelah seharian bekerja,” kata Ulf Lonnberg, Manajer Pelatihan di Transdev, seperti dikutip dari siaran pers Volvo Bus, Minggu (2/1/2021).

Bersama rekan-rekannya, Lonnberg melatih 750 pengemudi selama lima pekan. Sebagai bagian dari pelatihan, teori dipadukan dengan unsur-unsur praktis seperti pengisian di rute dan di depo, serta teknik mengemudi.

"Pengemudi kami berpengalaman dan pandai mengemudikan bus. Perbedaan besar yang saya lihat adalah pengisian, ini adalah situasi yang sama sekali baru bagi kebanyakan orang," ujarnya Lonnberg.

Bus, yang beroperasi di 34 rute berbeda, akan dikenai charge di stasiun pengisian daya di halte akhir dan melalui kabel di depot pada malam hari. Untuk memastikan infrastruktur pengisian optimal, Transdev telah membangun 19 stasiun pengisian baru di sekitar kota.

“Agar lalu lintas tetap lancar, semua pengemudi perlu tahu cara kerjanya. Untuk bulan pertama, kami akan memiliki staf tambahan di lokasi baik di rute maupun di depo, yang dapat membantu jika diperlukan,” kata Lonnberg.

Pelatihan pengemudi diadakan di Volvo Buses Experience Center di Gothenburg. Selain menyediakan fasilitas, Bus Volvo juga bertanggung jawab untuk melatih instruktur lalu lintas di Transdev.

Trenda Johnson, Manajer Koordinasi dan Komunikasi di Pusat Pengalaman Bus Volvo, telah melatih instruktur dari operator bus di beberapa kota di Swedia dan Norwegia.

“Dengan memberikan pelatihan yang baik kepada pengemudi dan memastikan bahwa mereka dipersiapkan dengan baik, kami menghindari kesalahan sederhana dan memastikan awal yang mulus. Dalam transisi yang begitu besar, sangat penting bagi pengemudi untuk merasa nyaman dengan cara kerja bus, cara pengisian daya bus, dan hal yang perlu diingat saat mengemudi."

Pengujian yang dilakukan oleh Bus Volvo menunjukkan bahwa pengemudi memiliki pengaruh yang besar terhadap konsumsi energi baterai.

“Seorang pengemudi dengan teknik mengemudi yang optimal dapat menghemat energi hingga 30 persen,” kata Trenda Johnson. "Pengemudi yang baik dapat membantu menekan biaya dan mengurangi dampak lingkungan."

Bagaimana seorang pengemudi mengerem dan berakselerasi adalah dua hal yang penting untuk konsumsi energi. Dengan melakukan pengereman secara perlahan, energi yang dihasilkan dapat dikembalikan ke baterai alih-alih menghilang sebagai panas.

Mempercepat secara perlahan membutuhkan lebih sedikit energi daripada mempercepat dengan cepat. Sebagai pengemudi, sangat penting untuk merencanakan perjalanan Anda dengan hati-hati dan menyesuaikan kecepatan Anda sebelum lampu lalu lintas dan persimpangan.

“Semua orang harus memahami cara kerja teknologi di bus listrik dan bagaimana perilaku pengemudi memengaruhi konsumsi energi. Pengemudi yang baik dapat membantu menekan biaya dan mengurangi dampak lingkungan,” kata Trenda Johnson.

Pia Nilsson adalah salah satu dari 750 pebalap di Transdev yang telah menyelesaikan pelatihan. Dia telah menjadi sopir bus selama 20 tahun dan menggunakan bus listrik untuk pertama kalinya.

“Pelatihannya sangat mendidik. Mengemudi dan mengisi daya ternyata lebih mudah dari yang saya kira, dan bus itu jauh lebih tenang dan lebih nyaman daripada bus yang biasa saya gunakan. Saya sangat menantikan ini - saya dan rekan kerja akan memiliki lingkungan kerja yang jauh lebih baik," katanya.

Sekilas Volvo 7900 Electric Articulated

  • Volvo 7900 Electric Articulated berukuran 18,55 meter dan dapat membawa 150 penumpang.
  • Bus akan di-charge di stasiun pengisian cepat di sepanjang rute, menggunakan antarmuka pengisian daya umum industri OppChargeTM.
  • Pada malam hari, biaya bus akan dilakukan melalui kabel CCS di depo.
  • Bus tersebut menampung enam baterai lithium-ion dengan kapasitas 396 kWh.
  • Motor listrik ganda dengan transmisi dua percepatan ini memiliki output tenaga maksimum 2x200 kW, dan torsi roda maksimum pada poros penggerak 31 kNm.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Volvo Buses Bus Listrik
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top