Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lulusan Toyota Indonesia Academy Ciptakan Robot untuk Cegah Covid-19

Kreativitas lulusan TIA diwujudkan dengan kehadiran Robot UV yang dapat membantu memutus rantai penyebaran virus Covid-19.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 03 Desember 2020  |  22:30 WIB
Siswa Toyota Indonesia Academy (TIA) sedang berlatih untuk Ajang World Skill Shanghai 2022.  - Toyota
Siswa Toyota Indonesia Academy (TIA) sedang berlatih untuk Ajang World Skill Shanghai 2022. - Toyota

Bisnis.com, JAKARTA - Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) merayakan kelulusan 64 wisudawan Toyota Indonesia Academy (TIA), yang menghadirkan Robot UV guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19

Para wisudawan tersebut terdiri atas 32 wisudawan D1 angkatan ke-5 jurusan Teknik Pemeliharaan Mesin Otomasi (TPMO) dan 32 wisudawan D2 angkatan ke-2 jurusan Tata Operasi Perakitan Kendaraan Roda 4 (TOPKR4). Mereka sudah bersertifikasi keahlian berstandar nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono mengatakan bahwa sesuai dengan motto perusahaan, yakni We Make People Before We Make Product, konsistensi TIA dalam mencetak SDM kompetitif menjadi bagian tidak terpisahkan dari TMMIN dan rantai suplai.

“Selama 5 tahun terakhir, kami melakukan transfer ilmu pengetahuan maupun teknologi melalui proses pembelajaran di TIA dengan mengedepankan kurikulum perguruan tinggi berbasis inovasi demi menciptakan lulusan pendidikan nasional yang memenuhi tantangan global,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (3/12/2020).

Toyota Indonesia memberikan fokus utama pengembangan SDM melalui budaya inovasi kepada mahasiswa TIA lewat pembelajaran guna meningkatkan efisiensi industri di bidang logistik, pemeliharaan, dan standar kerja.

Di tengah tantangan pandemi, kreativitas lulusan TIA diwujudkan dengan kehadiran Robot UV yang dapat membantu memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Robot tersebut digunakan sebagai alat bantu sterilisasi ruangan dengan mematikan berbagai virus.

Robot UV cukup dikendalikan melalui remote control oleh satu orang pilot secara jarak jauh hingga 300 m di dalam gedung dan 1km di luar gedung. Robot UV juga dilengkapi dengan dua kamera yang bisa menampilkan pandangan hingga 360 derajat dan mampu beroperasi hingga 5 jam dengan 2 jam lampu UV-C.

Selain itu, robot ini juga mempunyai sensor infra merah pada 8 sisi sehingga tidak akan menabrak saat dikendalikan serta menggunakan roda omni agar robot dapat bergerak maju-mundur kanan-kiri dan menyerong tanpa memutar arah.

Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal Bob Azam mengatakan Robot UV menjadi bukti bahwa TIA berhasil mencetak generasi dengan ide-ide perubahan ataupun pembaruan yang tidak hanya bermanfaat di lingkungan kerja, tetapi juga bagi masyarakat.

“Selain itu, TIA juga melakukan pengembangan kurikulum pendidikan vokasi bagi SMK untuk menjembatani gap antara keahlian lulusan SMK dan kebutuhan yang disyaratkan pendidikan tinggi maupun industri,” tuturnya.

Toyota Indonesia Academy atau Akademi Komunitas Toyota Indonesia adalah perguruan tinggi vokasi yang berorientasi untuk mendukung kegiatan penyediaan tenaga kerja industri otomotif Indonesia. Akademi ini mempunyai fungsi menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono menghadiri wisuda secara virtual Akademi Komunitas Toyota Indonesia Angkatan V Tahun Akademik 2019/2020 pada Kamis (3/12/2020) dengan bertema Inovasi Kurikulum melalui Pengembangan Keterampilan Masa Depan untuk Mendukung Industri Otomotif Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sdm toyota motor manufacturing indonesia
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top