Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Pengertian On the Road dan Off the Road di Dunia Otomotif

Dalam dunia otomotif, biasanya terdapat istilah mengenai harga kendaraan bermotor yang disampaikan dalam dua jenis, yakni on the road dan off the road.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 03 Desember 2020  |  07:35 WIB
Toyota Innova Venturer. Harga off the road diinformasikan kepada calon konsumen agar mereka tahu harga asli mobil sebelum kena pajak.  - Auto2000
Toyota Innova Venturer. Harga off the road diinformasikan kepada calon konsumen agar mereka tahu harga asli mobil sebelum kena pajak. - Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam dunia otomotif, biasanya terdapat istilah mengenai harga kendaraan bermotor yang disampaikan dalam dua jenis, yakni on the road dan off the road.

Mengutip Auto2000, kedua istilah tersebut digunakan untuk menyampaikan detail dan status kendaraan yang dibeli, termasuk masalah harga, pengurusan dokumen izin serta kepemilikan.

Hampir semua agen pemegang merek (APM) menawarkan harga kendaraan dalam bentuk on the road. Artinya, harga yang disematkan pada kendaraan telah diikuti dengan biaya pengurusan dokumen kelengkapan jalan.

Semisal adalah pengurusan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan pajak.

“Dalam kasus ini, Auto Family tidak perlu lagi mengurus segala macam proses legalisasi dokumen kendaraan dan tinggal terima jadi. Pengurusan surat izin dan lain-lain akan secara langsung diurus oleh dealer atau pihak ketiga,” tulis Auto2000.

Sementara itu, jika on the road adalah harga mobil dan pengurusan legalitas dan izin jalan maka off the road artinya nilai jual kendaraan itu sendiri tanpa adanya biaya pengurusan laik jalan seperti pajak dan kelengkapan dokumen.

Harga off the road diinformasikan kepada calon konsumen agar mereka tahu harga asli mobil sebelum kena pajak. Adapun, pajak tiap daerah berbeda, sehingga membingungkan jika mobil dijual dengan harga on the road menggunakan pajak satu daerah patokan.

Akan tetapi, meski off the road artinya harga mobil asli sebelum biaya pembuatan dokumen legalitas dan pajak, bukan berarti konsumen harus mengurus seluruh kelengkapan tersebut seorang diri. Dalam hal ini, dealer dapat membantu mengurus kelengkapan itu.

“Konsultasikan saja berapa biaya jasa yang harus dibayarkan untuk dealer, biaya proses pembuatan dokumen, serta pajak mobil. Pengurusan legalitas mobil off the road ini antara lain PKB, BBN-KB, cek fisik kendaraan, BPKB, dan STNK.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga Mobil pajak kendaraan bermotor
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top