Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gandeng Hyundai, Ineos Akan Hadirkan SUV Grenadier Hidrogen

Hyundai Motor Company dan Ineos, hari ini Senin (23/11/2020), mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman untuk menjajaki peluang baru untuk mempercepat ekonomi hidrogen global.
Hyundai n Ineos. /Hyundai
Hyundai n Ineos. /Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA - Hyundai Motor dan Ineos, hari ini Senin (23/11/2020), menandatangani nota kesepahaman untuk menjajaki peluang baru guna mempercepat ekonomi hidrogen global, termasuk menghadirkan powertrain hidrogen untuk Grenadier 4x4.

Hyundai dan Ineos akan bersama-sama menyelidiki peluang untuk produksi dan pasokan hidrogen serta penerapan aplikasi dan teknologi hidrogen di seluruh dunia. Kedua perusahaan pada awalnya akan memfasilitasi proyek sektor publik dan swasta yang berfokus pada pengembangan rantai nilai hidrogen di Eropa.

Perjanjian tersebut juga mencakup evaluasi sistem sel bahan bakar milik Hyundai untuk kendaraan Ineos Grenadier 4x4 yang baru-baru ini diumumkan. Kerja sama ini merupakan langkah penting dalam upaya Ineos untuk mendiversifikasi opsi powertrain-nya pada tahap awal.

Sistem sel bahan bakar modular milik Hyundai, yang akan digunakan oleh kendaraan evaluasi, telah terbukti andal dan efektif di SUV Hyundai NEXO. SUV bertenaga hidrogen pertama di dunia memiliki jarak berkendara terpanjang di antara kendaraan bertenaga hidrogen di pasar.

Hyundai adalah salah satu perusahaan terkemuka di bidang teknologi sel bahan bakar yang memulai produksi massal kendaraan listrik sel bahan bakar pertama di dunia pada 2013.

"Pergerakan Ineos menuju pengembangan kendaraan listrik sel bahan bakar dan ekosistem hidrogen menandai tonggak sejarah lain menuju transportasi yang bersih dan berkelanjutan," kata Saehoon Kim, Wakil Presiden Senior dan Kepala Pusat Sel Bahan Bakar di Hyundai Motor Company.

Hyundai yakin hal ini akan memberikan opsi rendah karbon yang penting di berbagai sektor. "Kami juga berharap keahlian selama puluhan tahun dalam sel bahan bakar hidrogen bekerja bersinergi dengan keahlian Ineos di bidang kimia untuk mewujudkan produksi massal hidrogen hijau dan sel bahan bakar untuk Grenadier.

Direktur Teknologi Ineos Peter Williams mengatakan perjanjian antara Ineos dan Hyundai memberikan kedua perusahaan peluang baru untuk memperluas peran utama dalam ekonomi hidrogen bersih.

"Mengevaluasi proses produksi, teknologi, dan aplikasi baru, dikombinasikan dengan kemampuan yang ada, menempatkan kami pada posisi unik untuk memenuhi permintaan yang muncul akan sumber energi rendah karbon yang terjangkau dan kebutuhan menuntut pemilik Grenadier 4x4 di masa depan."

Ineos baru-baru ini meluncurkan bisnis baru untuk mengembangkan dan membangun kapasitas hidrogen bersih di seluruh Eropa untuk mendukung upaya menuju masa depan nol karbon. Perusahaan saat ini memproduksi 300.000 ton hidrogen per tahun terutama sebagai produk sampingan dari operasi manufaktur kimianya.

Melalui anak perusahaannya Inovyn, Ineos adalah operator elektrolisis terbesar di Eropa, teknologi yang menggunakan energi terbarukan untuk menghasilkan hidrogen untuk pembangkit listrik, transportasi, dan keperluan industri. Pengalamannya dalam penyimpanan dan penanganan hidrogen serta pengetahuannya dalam teknologi elektrolisis, menempatkan Ineos dalam posisi unik untuk mendorong kemajuan menuju masa depan bebas karbon berdasarkan hidrogen.

Pada 2018, Hyundai Motor Group mengumumkan peta jalan jangka menengah hingga jangka panjangnya, Fuel Cell Vision 2030, untuk meningkatkan produksi tahunan sistem sel bahan bakar hidrogen menjadi 700.000 unit pada 2030.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper