Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sayonara, Yamaha R6 Tak Lagi Dijual Mulai 2021

Yamaha R6 merupakan motor sport fairing yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 122 hp pada rpm 14.500 dan torsi 65,7 nm pada rpm 10.500. Seluruh daya tersebut disalurkan melalui transmisi enam percepatan.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 20 November 2020  |  06:05 WIB
Yamaha YZF-R6. - istimewa
Yamaha YZF-R6. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Napas dari Yamaha YZF-R6 versi legal dipastikan tidak berlangsung lama karena perusahaan memutuskan untuk menghentikan produksi motor legendaris itu mulai 2021.

Dilansir dari RideApart, kabar itu beredar setelah Yamaha mengirimkan keterangan resmi terkait model apa saja yang akan kembali pada 2021. Dalam rilis tersebut pabrikan juga akan menghilangkan beberapa model ikonik, seperti WR250R, VMAX, dan YZF-R6.

Kabar yang beredar menyebutkan bahwa penghentian R6 disebabkan pabrikan tak ingin melakukan standarisasi Euro5. Oleh karena itu, mulai tahun depan, model ini tidak lagi beredar di pasar Amerika Serikat dan Eropa.

“Yamaha memahami sejarah ikonik model-model ini. Mengenai masa depan, Yamaha terus mencari ide dan konsep baru untuk mendukung dan memperluas pasar, serta meningkatkan pengalaman pelanggan kami,” tulis keterangan resmi Yamaha.

Sejak diperkenalkan pada 1999, Yamaha R6 muncul sebagai andalan di segmen motor sport bersama dengan model lain, seperti Suzuki Gixxer dan Kawasaki Ninja.

Mesin empat silinder berkapasitas 599cc yang disematkan pada R6 telah mendulang ulasan positif dari berbagai media. Dalam pemberitaan di Motorcycle.com, yang terbit pada 1999, motor ini dinilai hebat, liar, dan mendebarkan.

Yamaha R6 merupakan motor sport fairing yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 122 hp pada rpm 14.500 dan torsi 65,7 nm pada rpm 10.500. Seluruh daya tersebut disalurkan melalui transmisi enam percepatan.

Kendati demikian, Yamaha dikabarkan tetap menjual R6 untuk kebutuhan balap di sirkuit karena performa motor ini masih menjanjikan. Perusahaan akan mulai menjual R6 edisi sirkuit mulai 2021.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda motor yamaha
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top