Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pacu Penjualan Model Baru, Proton Perkuat Layanan Mobil Bekas

Proton meluncurkan website Proton Certified Pre-Owned (PCPO), Kamis (12/11/2020) untuk memperkuat layanan jual-beli mobil bekasnya yang diyakini ampuh untuk mendongkrak penjualan mobil baru.
Proton Perdana menjalani pemeriksaan di bengkel. /Proton
Proton Perdana menjalani pemeriksaan di bengkel. /Proton

Bisnis.com, JAKARTA - Proton meluncurkan website Proton Certified Pre-Owned (PCPO), Kamis (12/11/2020) untuk memperkuat layanan jual-beli mobil bekasnya yang diyakini ampuh untuk mendongkrak penjualan mobil baru merek Malaysia itu.

PCPO Proton menawarkan kemudahan berbelanja mobil bekas. Situs web ini memungkinkan pelanggan menelusuri stok yang tersedia di 36 dealer di seluruh negeri serta dengan cepat menukar mobil mereka untuk mendapatkan penawaran menarik dari model baru.

“PCPO Proton adalah langkah selanjutnya bagi perusahaan untuk membangun ekosistem yang holistik. Kami terus menawarkan produk baru, dan kami juga ingin menarik mereka yang tertarik untuk membeli mobil bekas dan menawarkan cara yang cepat dan mudah bagi pelanggan untuk menukar kendaraan mereka saat ini,” kata Roslan Abdullah, Chief Executive Officer, Proton Edar.

Semua mobil PCPO Proton mendapatkan perpanjangan garansi satu tahun untuk mesin dan transmisi serta layanan gratis, dapat ditukarkan hingga enam bulan setelah tanggal pendaftaran.

Proton juga akan menjual mobil dari merek lain yang telah diperdagangkan melalui situs PCPO-nya. Dalam hal ini, kendaraan tidak menerima perpanjangan garansi dari perusahaan tetapi masih akan diperiksa dan diperbaiki secara menyeluruh jika perlu sebelum disiapkan untuk dijual.

Dari proyek percontohan awal 8 gerai Proton, kini terdapat 36 yang menampilkan program PCPO. Mereka semua harus memenuhi beberapa kriteria kualifikasi, baik finansial maupun fisik, dan menjalani pemeriksaan 201 poin.

Persyaratan lain untuk mobil PCPO adalah berusia kurang dari 7 tahun dengan jarak tempuh kurang dari 130.000 km pada saat tukar tambah. Mereka juga tidak boleh mengalami banjir atau kerusakan akibat kecelakaan besar yang dapat mempengaruhi integritas strukturalnya.

Proton telah mendirikan divisi Used Car Management (UCM) pada 2019. Divisi ini bertugas mengembangkan jaringan dealer untuk menjual mobil bekas bersama dengan yang baru seiring dengan pertumbuhan pasar. Diakui, proses mobil tukar beli yang secara efisien adalah kunci untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan.

“Selain mendorong penjualan mobil baru, tujuan UCM Proton adalah menstabilkan nilai sisa kendaraan Proton. Dengan menawarkan mobil bekas berkualitas tinggi, kami berharap dapat menaikkan harga untuk semua model kami, sehingga memudahkan pelanggan untuk mendapatkan tingkat pembiayaan kompetitif dan meningkatkan nilai tukar tambah ketika mereka ingin membeli mobil baru,” kata Roslan.

Pacu Penjualan Model Baru, Proton Perkuat Layanan Mobil Bekas

Penguatan layanan mobil bekas Proton sedikit banyak akan menimbulkan tekanan terhadap sejumlah merek pesaingnya, terutama yang tidak memiliki divisi bisnis mobil bekas.

Malaysia merupakan salah satu pasar ekspor mobil dari Indonesia. Beberapa model yang bersaing di pasar Malaysia adalah Daihatsu Gran Max Pikap, Daihatsu Gran Max Blind Van, dan model Avanza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper