Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Isuzu Ekspansi Pasar MU-X Anyar, Ini Pembaruannya

Isuzu Motors Limited bertekat memperkuat bisnis light commercial vehicle dengan menghadirkan model terbaru MU-X. Model mobil penumpang yang dibangun dengan basis pikap D-MAX ini akan tiba di Thailand sebelum berekspansi ke pasar lain termasuk Indonesia.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 29 Oktober 2020  |  03:00 WIB
Isuzu MU-X, pesaing utama Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner - Drive.com
Isuzu MU-X, pesaing utama Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner - Drive.com

Bisnis.com, JAKARTA - Isuzu Motors Limited bertekat memperkuat bisnis light commercial vehicle dengan menghadirkan model terbaru MU-X. Model mobil penumpang yang dibangun dengan basis pikap D-MAX ini akan tiba di Thailand sebelum berekspansi ke pasar lain termasuk Indonesia.

Masanori Katayama, President and Representative Director Isuzu Motors Limited, mengatakan perubahan model MUX sepenuhnya didasarkan pada konsep teknik robust and exclusive, dengan tujuan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.

"Model baru ini mengusung peningkatan kenyamanan dan kemewahan pada tingkat yang dibutuhkan untuk PPV (pickup platform vehicle) dengan tetap mempertahankan kekuatan unik Isuzu: daya tahan yang andal; penghematan bahan bakar; dan kinerja keselamatan," katanya dalam keterangan pers, Rabu (29/10/2020).

Mu-X memiliki konstruksi body-on-frame, dan fitur PPV unik sangat cocok untuk kinerja jalan yang kasar, mempuni dari segi daya tahan, dan andal kemampuan dereknya terutama di Thailand, kawasan Asean, dan Australia.

MU-X baru mengusung sejumlah pembaruan, mulai dari sistem penggerak, suspensi belakang, pengereman, rangka, tangki BBM, badan kendaraan, hingga interior.

· Powertrain

Model 4 X 4 dilengkapi dengan dua jenis mode kendali pada traction control (TCS) dengan tujuan untuk mendapatkan traksi yang optimal berdasarkan kondisi permukaan jalan. Selain mode normal yang digunakan di jalan normal, tersedia mode medan kasar agar pengemudi dapat berlari di berbagai jenis permukaan jalan, sehingga meningkatkan performa run-through-nya, terutama di jalan licin.

· Suspensi belakang

Tingkat kekakuan gulungan telah meningkat secara signifikan pada suspensi belakang 5-link, berkat pusat roll yang ditinggikan dengan merelokasi link lateral, dan stabilizer yang ditingkatkan dengan memperlebar lebar efektifnya.

Selain itu, bersama dengan suspensi depan yang direkayasa dalam pengembangan D-MAX, stabilitas berkendara dan kenyamanan berkendara telah ditingkatkan.

· Rem

Untuk rem belakang, model baru dilengkapi rem cakram dengan rem parkir elektrik tipe motor-on caliper merupakan perlengkapan standar pada semua model. Ini dapat mempertahankan stabilitas pengereman yang tinggi sekaligus meningkatkan kegunaan dengan fungsi otomatis rem parkir elektrik.

· Bingkai

Dengan mengoptimalkan lokasi anggota silang, kekakuan torsi meningkat, dan bobot menjadi lebih ringan. Pengurangan biaya perbaikan jika terjadi tabrakan ringan di bagian belakang kendaraan dimungkinkan dengan menggunakan cross-member bagian belakang sebagai balok bumper.

· Tangki bahan bakar

Kapasitas tangki telah ditingkatkan dari 65 menjadi 80 liter, membuat jarak jelajah lebih jauh.

· Badan kendaraan

Dengan membuat pilar di struktur melingkar bagian tertutup setengah bodi belakang dan memperkuat sambungan antar bagian, kekakuan lentur bodi dan kekakuan torsi meningkat. Selain itu, dengan mengontrol pemindahan beban jika terjadi tabrakan, guncangan tersebar dan diserap, mengamankan zona aman untuk melindungi penumpang.

Penggunaan pelat baja high-tensile 980 MPa membuat kekuatan dan kekakuan bodi ke tingkat yang tinggi sekaligus menjaganya tetap ringan. Dengan meningkatkan kekakuan dinamis dari bagian pemasangan di kabin, kebisingan teredam oleh perambatan padat yang telah dikurangi. Selain itu, bahan berbusa dipasang di dalam pilar untuk meningkatkan kinerja NV (Kebisingan dan Getaran), mengurangi kebisingan masuk ke dalam kendaraan.

Pengadopsian lift-gate plastik membuat kendaraan lebih ringan dan memberikan tampilan yang tajam pada spion. Sebagai fitur pilihan, pintu lift daya tersedia, meningkatkan kegunaan kendaraan.

· Finishing interior

Untuk panel instrumen, metode dan bahan yang sesuai dipilih untuk mewujudkan konsep gaya, yang menghasilkan tampilan dan nuansa premium yang sesuai untuk sebuah PPV.

Untuk jok baris kedua, pengoptimalan bentuk meningkatkan kenyamanan berkendara, dan penggunaan cup holder geser keluar serta peningkatan pengoperasian pada tuas jok meningkatkan kegunaannya.

Untuk kursi baris ketiga, kemampuan hunian semakin ditingkatkan dengan mengadopsi mekanisme sandaran dan menciptakan lebih banyak ruang untuk kaki.

Untuk konsol tengah, kegunaannya ditingkatkan dengan memperkenalkan rem parkir elektrik dan melepas tuas rem tangan.

Ruang interior menjadi lebih mewah karena penambahan pencahayaan ambient.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Isuzu MU-X Model SUV
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top