Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Toyota, Hitachi, JR East Keroyokan Bikin Kereta Api Hidrogen

Setelah merancang mobil bertenaga sel bahan bakar, kini Toyota Motor akan mengembangkan kereta api hibrida bertenaga hidrogen dan baterai penyimpanan sebagai sumber listriknya.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 07 Oktober 2020  |  09:45 WIB
Kereta Api Hybari. Namanya berasal dari singkatan dari hydrogen-hybrid advanced rail vehicle for innovation.  - Toyota
Kereta Api Hybari. Namanya berasal dari singkatan dari hydrogen-hybrid advanced rail vehicle for innovation. - Toyota

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah merancang mobil bertenaga sel bahan bakar, kini Toyota Motor akan mengembangkan kereta api hibrida bertenaga hidrogen dan baterai penyimpanan sebagai sumber listriknya.

Pengembangan kereta api hibrida yang dijadwalkan masuk tahap uji coba pada Maret 2022 itu melibatkan East Japan Railway Company (JR East), dan Hitachi, Ltd. (Hitachi). Toyota dan kedua perusahaan itu telah menandatangani perjanjian untuk berkolaborasi tersebut.

"Dengan bekerja sama untuk mengembangkan kendaraan uji kereta api ini, kami bertujuan untuk lebih meningkatkan keunggulan lingkungan perkeretaapian dan mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan," demikian pernyataan Toyota dalam siaran persnya, Selasa (6/10/2020).

Langkah tersebut merupakan bentuk kontribusi pada masyarakat bebas karbon dengan kendaraan kereta api generasi berikutnya seiring dengan upaya di seluruh dunia untuk menciptakan masyarakat berkelanjutan, termasuk di sektor perkeretaapian, dan sarana transportasi massal.

Hidrogen memastikan dampak lingkungan yang minimal karena tidak mengeluarkan karbon dioksida saat digunakan sebagai sumber energi dan dapat diproduksi dari berbagai bahan mentah menggunakan energi terbarukan.

Oleh karena itu, pengembangan sarana kereta api inovatif bertenaga hidrogen akan berkontribusi pada pengembangan masyarakat rendah karbon karena membantu mengekang pemanasan global dan mendiversifikasi sumber energi.

Toyota dan kedua mitranya akan menggabungkan teknologi kereta api dan otomotif, yaitu teknologi desain dan manufaktur kendaraan kereta api JR East.

Teknologi sistem penggerak hibrida kereta api Hitachi dikembangkan dengan JR East, dan teknologi Toyota yang diperoleh melalui pengembangan kendaraan listrik sel bahan bakar Mirai dan bus sel bahan bakar SORA, ketiga perusahaan tersebut akan menyesuaikan sel bahan bakar yang digunakan dalam mobil untuk aplikasi kereta api.

Bersama-sama, mereka akan membuat kendaraan uji hibrida (sel bahan bakar) dengan tujuan mencapai kontrol output daya tinggi yang diperlukan untuk menggerakkan kendaraan kereta api, yang jauh lebih besar daripada mobil.

Tinjauan Kendaraan Uji Hibrid (Sel Bahan Bakar)
- Konfigurasi Kereta
- Model kendaraan : Seri FV-E991
- Konfigurasi kereta : Dua mobil dalam satu unit

Hidrogen yang digunakan untuk mengisi tangki hidrogen disuplai ke perangkat sel bahan bakar dan mengalami reaksi kimia dengan oksigen di udara untuk menghasilkan listrik. Baterai penyimpanan sirkuit utama diisi oleh tenaga listrik dari perangkat sel bahan bakar dan dengan menangkap dan mengubah energi menjadi tenaga listrik menggunakan pengereman regeneratif.

Sistem penggerak hibrida memasok daya listrik ke motor traksi dari perangkat sel bahan bakar dan baterai penyimpanan sirkuit utama, yang mengontrol pergerakan roda.

Toyota akan mengembangkan perangkat sel bahan bakar dan Hitachi akan mengembangkan sistem penggerak hibrida.

Spesifikasi Utama Kendaraan Uji

Spesifikasi Model FV-E991

- Konfigurasi : kereta 2 gerbong (1M1T)
- Kecepatan maksimum : 100 km / jam
- Akselerasi : 2,3 km / jam / s
- Rentang : Perkiraan 140 km (maks.)
- Perangkat sirkuit utama : Inverter (inverter VVVF) 1C2M × 2 unit, Motor traksi 95 kW × 4
- Perangkat sel bahan bakar : Elektrolit polimer padat 60 kW × 4
- Baterai penyimpanan sirkuit utama : Baterai ion lithium 120 kWh × 2
- Unit tangki hidrogen: Max. mengisi tekanan 70 MPa (sekitar 700 atmosfer)
- Kapasitas penyimpanan hidrogen : 51L × 5 tank × 4 unit

Nama panggilan

HYBARI (Hydrogen-HYBrid Advanced Rail vehicle for Innovation)

Julukan ini diadopsi untuk membangkitkan citra kendaraan kereta api hibrida canggih yang dilengkapi sel bahan bakar dan baterai penyimpan sirkuit utama yang akan menghasilkan inovasi. Hy mewakili hidrogen, sedangkan Hyb berarti hibrida.

Rancangan

Memasukkan pola percikan biru untuk merepresentasikan kelembapan bumi dan melambangkan air yang dihasilkan dari reaksi kimia dalam sel bahan bakar sebagai motif, desain kendaraan kereta api menyampaikan kesan kecepatan dan citra futuristik.

Logo

Kereta Api HYBARI berlogo gambar burung. Ini dikenal sebagai pertanda musim semi. Logo Hybari dari kendaraan uji dirancang untuk mewakili pengenalan energi baru untuk kendaraan seperti embusan musim semi ke darat.

Gambaran umum pengujian demonstrasi

Mulai pengujian : Maret 2022 (dijadwalkan)
Bagian tes : Jalur JR East Tsurumi, Jalur Nambu, dll.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api toyota motor corp Mobil Hidrogen
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top