Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bosch Spexor, Perangkat Fleksibel Antimaling

Tindak kejahatan seperti perampokan dan pencurian memang bisa terjadi di mana saja. Untuk menjaga keamanan, Bosch mengembangkan Spexor, perangkat alarm seluler yang dapat digunakan secara fleksibel di hampir semua lokasi dan untuk berbagai aplikasi.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 22 Agustus 2020  |  15:30 WIB
Bosch Spexor diletakkan di dalam mobil.  - Bosch
Bosch Spexor diletakkan di dalam mobil. - Bosch

Bisnis.com, JAKARTA - Tindak kejahatan seperti perampokan dan pencurian memang bisa terjadi di mana saja. Untuk menjaga keamanan, Bosch mengembangkan Spexor, perangkat alarm seluler yang dapat digunakan secara fleksibel di hampir semua lokasi dan untuk berbagai aplikasi.

Masalahnya, solusi keamanan seringkali tidak menjangkau area sulit terpantau, seperti seperti loteng, ruang cuci, garasi, dan taman komunitas, atau bahkan karavan dan mobil antik.

Oleh karena itu, Bosch mengembangkan Spexor yang dapat digunakan secara fleksibel di hampir semua lokasi dan untuk berbagai aplikasi. Bosch Spexor dilengkapi baterai yang kuat sehingga perangkatnya tetap aktif selama beberapa pekan, sementara pembaruan perangkat lunak memastikannya selalu mutakhir.

“Perangkat alarm seluler Spexor kami pasti akan memberikan ketenangan pikiran pengguna, baik mereka sedang di rumah atau di luar dan di sekitarnya,” kata Marko Häckel, Kepala Penjualan dan Manajemen Aliansi untuk Spexor, Kamis (20/8/2020).

Dia mengembangkan dan membawa Spexor ke pasar bersama Tobias Riedel, Kepala Manajemen dan Teknik Produk. Penyiapan perangkatnya sangat sederhana, cukup unduh aplikasinya, pindai kode QR, dan konfigurasikan Spexor dengan aplikasi.

Perangkat ini sekarang tersedia di Jerman dari toko online Bosch Smart Home.

Penjaga keamanan kompak

Spexor seukuran cangkir kopi dan menampung beberapa sensor yang mendeteksi gerakan, suara, dan perubahan tekanan udara dalam radius sekitar lima meter di sekitar perangkat.

“Yang membedakan pelindung keamanan Bosch yang ringkas adalah presisi tinggi dan kombinasi cerdas dari sensornya, memungkinkan Spexor mendeteksi pembobolan dengan andal,” kata rekan pengembang Riedel.

Jika, misalnya, perangkat ditempatkan di gudang taman dan bola bola memantul ke jendela, sensor suara dan tekanan mendeteksi perubahan tersebut. Namun, ini saja tidak mematikan alarm. Hanya ketika Spexor mendeteksi pergerakan di dalam gudang, perangkat keamanan sensitif memicu alarm dan mengirim peringatan ke smartphone pengguna.

Bergantung pada pengaturan individu, perangkat juga membunyikan alarm dan LED internal berkedip merah sebagai pencegah langsung pencuri.

Keamanan hampir di mana saja

Perangkat alarm multi-sensor dari Bosch tidak hanya cocok untuk digunakan di rumah; berkat baterainya yang dapat diisi ulang, ia dapat ditempatkan hampir di mana saja yang keamanannya penting.

Koneksi Wi-Fi atau jaringan seluler adalah semua yang dibutuhkan Spexor untuk melakukan tugasnya saat terjadi pembobolan.

Dengan masa pakai baterai beberapa pekan, penjaga keamanan kecil ini adalah mitra yang ideal untuk tugas-tugas seperti melindungi rumah dan mobil saat diparkir atau merawat peralatan mahal, perkakas, atau ban musim dingin yang disimpan di gudang taman.

Faktor lain yang membuat Spexor dapat digunakan hampir di mana saja adalah Spexor dapat dioperasikan dan disimpan pada suhu sekitar –10 hingga +60 derajat Celcius.

Privasi data juga menjadi prioritas utama dalam pengembangan perangkat alarm: Spexor tidak memiliki kamera dan tidak menganalisis atau menyimpan data suara apa pun. Dan ketika dimatikan, itu benar-benar tak berfungsi.

Pembaruan perangkat lunak melalui udara

Koneksi Wi-Fi atau jaringan seluler membuat Spexor tetap mutakhir. Di masa mendatang, fungsi dan aplikasi lebih lanjut juga akan diinstal pada perangkat melalui pembaruan perangkat lunak.

“Kami tahu dari riset pasar kami yang ekstensif bahwa selain pembobolan, pelanggan juga menginginkan perangkat semacam itu untuk mendeteksi kebakaran dan gas berbahaya - baik di rumah atau dalam perjalanan berkemah. Itulah mengapa tujuan kami adalah membuat fungsi tambahan tersebut tersedia di masa mendatang sebagai pembaruan perangkat lunak untuk perangkat yang ada," kata Häckel.

Dari ide hingga produksi dalam 15 bulan

Hanya butuh waktu 15 bulan bagi perangkat alarm untuk melakukan perjalanan dari ide produk awal ke produksi massal berkat platform startup internal Bosch, tumbuh. Inkubator startup Bosch mendorong inovasi di dalam dan di luar bisnis inti perusahaan yang ada, berdasarkan pengembangan produk yang gesit.

Dengan lokasi di Eropa, Timur Tengah, Afrika, Asia Tenggara, India, Cina, Jepang, Amerika Utara, dan Amerika Latin, tumbuh adalah rumah global bagi para pemula dalam perusahaan teknologi. Platform startup saat ini memiliki 11 proyek yang sedang berlangsung dalam fase inkubasi di seluruh dunia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi informasi maling bosch
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top